detikfinance

Jokowi Kantongi Nama Perusahaan Pemenang Tender MRT Jakarta

Danu Damarjati - detikfinance
Senin, 22/04/2013 13:38 WIB
Jokowi Kantongi Nama Perusahaan Pemenang Tender MRT Jakarta
Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Jokowi menegaskan minggu ini akan segera mengumumkan nama perusahaan pemenang tender proyek MRT Jakarta. Pengumuman nama perusahaan pemenang tender MRT sempat tertunda sejak November 2012 lalu.

"Minggu ini. Pemenang tender, dimulai, sudah ada pemenangnya. Tapi resminya harinya nggak tahu," kata Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2013).

Jokowi menegaskan soal tanggung jawab dari proyek ini seharusnya diserahkan kepada manajemen PT MRT Jakarta yang 99,5% sahamnya dikuasai oleh Pemda DKI Jakarta.

"Yang bertanggung jawab mustinya manajemen MRT dong. Itu BUMD, semua BUMD nggak ada saya satupun yang bertanggung jawab mutlak di gubernur. Nanti kalau gitu saya nggak ngurusi pemerintahan, malah ngurusi MRT, karena saya bertanggung jawab mutlak maka tiap detik, tiap menit, tiap jam hanya ngurusi itu. Masak presiden juga suruh tanggung jawab BUMN? Yang bener aja, logika dong," ujarnya.

Sebelumnya Sebanyak 5 BUMN karya bersaing mengikuti tender pembuatan terowongan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Lima BUMN itu antara lain PT Wijaya Karya (Wika) Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Waskita Karya, PT Hutama Karya (HK) dan PT PP.

Berikut ini konsorsium yang sempat lolos prakualifikasi konstruksi segmen bawah tanah (terowongan) proyek antara lain:

1. Kajima - Waskita Joint Operation

2. Obayashi - Shimizu - Jaya Konstruksi - Wijaya Karya

3. SMCC (Sumitomo) - HK Joint Operation

4. Taisei - PP Joint Operation

5. Tokyu - Adhi Joint Operation

Pada era kepemimpinan Fauzi Bowo, sempat disebut-sebut ada nama perusahaan nominasi pengerjaan proyek jalur bawah tanah yaitu Obayashi bersama Wijaya Karya (Wika) dan Sumitomo bersama Hutama Karya (HK).
(hen/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut