detikfinance

Ini Penampakan Jembatan Kelok 9 di Sumatera Barat

Zulfi Suhendra - detikfinance
Kamis, 25/04/2013 16:02 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/04/25/4/kelok91.jpg
Padang -Pemerintah membuat suatu proyek besar yang dinamakan Jembatan Kelok 9 di Sumatera Barat. Hal ini karena volume lalu lintas di jalan Kelok 9 yang semakin ramai namun tak didukung dengan kapasitas jalan yang tak memadai.

Jalan ini merupakan salah satu jalan darat penghubung roda ekonomi Provinsi Sumatera Barat dan Riau.

"Di ruas jalan ini banyak bottleneck, tidak bisa dikembangkan lagi dengan perbesar tikungan karena kondisi medan. Jadi disitulah tumbuh ide untuk membuat jembatan," kata Kepala Satuan Kerja Kelok 9 Dahler kepada detikFinance, Kamis (25/4/2013).

Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 2003 yang memakan dana sebesar Rp 580,8 miliar dan dikerjakan dalam 2 tahap pembangunan. Hingga saat ini, keseluruhan total pengerjaan sudah mencapai 94%. "Mudah-mudahan nanti bulan Agustus nanti selesai secara total," katanya.

Menurut Dahler, jembatan ini akan berfungsi sangat baik mengatasi permasalahan macet yang ada di Kelok 9 yang menghabiskan banyak biaya operasional kendaraan dan penumpang. Jelas saja, di hari biasa, jalan yang menyusuri perbukitan ini dilalui 8.000 kendaraan berbagai jenis, dan melonjak hingga 12.000 kendaraan di hari libur.

Proses distribusi pangan dari Sumatera Barat ke Riau agak sedikit terhambat karena adanya kemacetan yang tak terelakan lagi. Apalagi, lanjut Dahler, truk-truk besar tidak bisa diperkenankan melewati jalan ini.

"Tujuannya yang utama adalah mengubah moda transportasi dari bus atau truk kecil menjadi besar, kalau ada bus atau truk besar yang maksain (saat ini) pasti macet," katanya.Next

Halaman 12
(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut