detikfinance

Hari Ini Dimulai Sensus Pertanian 2013

Avitia Nurmatari - detikfinance
Rabu, 01/05/2013 18:13 WIB
Hari Ini Dimulai Sensus Pertanian 2013
Bandung -Hari ini dimulai pendataan terkait sensus pertanian 2013. Data ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh beberapa pihak seperti kementerian pertanian maupun perdagangan.

Wakil Kementerian Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyambut antusias dan menunggu hasil sensus pertanian yang sedang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Selain sensus pertanian, sensus perdagangan juga dinilai perlu.

"Dengan adanya sensus pertanian, kita bisa memiliki informasi yang lebih baik mengenai basis produksi. Sehingga mudah-mudahan bisa memiliki posisi yang lebih baik dalam menyusun kebijakan perdagangan. Apakah terpaksa membeli atau malah berpotensi untuk menjual," ujar Bayu usai membuka pertemuan ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality Working Group 3 on Legal Metrology (ACCSQ WG3) ke-19 di Hotel Holiday Inn Bandung, Jalan Ir H Djuanda, Rabu (1/5/2013).

Menurut Bayu, untuk sektor perdagangan sendiri, saat ini masih menggunakan basis survey sosial ekonomi yang dilakukan setiap 3 tahun sekali. Maka itu ia memandang perlu adanya sensus pelaku perdagangan.

"Untuk mengetahui jumlah pasar berapa, jumlah pasar berapa, pedagang besar atau kecilnya berapa, atau berdasarkan jenisnya. Semakin hari semakin kita perlukan," terang Bayu.

Bayu mengatakan, meskipun pertanian sifatnya lebih stabil, artinya wilayah pertanian pergerakannya cenderung lambat. Sementara sektor perdagangan bisa bergerak cepat. "Tapi saya kira memang sensus ini kita perlukan juga untuk dapatkan informasi terutama tentang pelaku," tutupnya.

Mulai hari ini (1/5/2013) sensus pertanian mulai dilakukan oleh Badan Pusat dan Statistik (BPS) hingga 31 Mei 2013.

(avi/hen)





Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Boediono: Kondisi Beda dengan 1997/1998 dan 2008 Rabu, 26/08/2015 07:44 WIB
    Wawancara Khusus
    Boediono: Kondisi Beda dengan 1997/1998 dan 2008
    Pemikiran-pemikirannya soal kebangsaan dan ekonomi masih melekat, Boediono terus mengikuti perkembangan ekonomi terkini, di dalam maupun luar negeri.‎


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut