detikfinance

70% Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Disumbang Sektor Informal

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Minggu, 05/05/2013 14:22 WIB
//images.detik.com/content/2013/05/05/4/142509_pedagang1.jpg
Jakarta -Perekonomian Indonesia memang sedang tumbuh. Namun, pertumbuhan ekonomi tersebut tidak didukung oleh pertumbuhan yang baik di sektor informal seperti Pedagang Kaki Lima (PKL). Padahal, sebesar 70% perekonomian Indonesia ditopang oleh sektor informal.

Demikian dikatakan Ketua DPD RI Irman Gusman dalam acara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (5/5/2013).

Dia mengatakan, tingginya angka sektor informal dalam perekonomian Indonesia ini juga ikut menyumbang terhadap GDP Indonesia sebesar 40%.

"Ini angkanya cukup tinggi. PKL kalau dikelola dengan baik ini sebuah potensi bangsa. Berbeda kalau ekonomi atas kebanyakan asingnya lebih menonjol, saya yakin sektor ini tidak ada satu pun yang asing," kata Irman.

Terkait hal itu, pihaknya mendorong berbagai pihak untuk bisa bekerjasama mendukung keberadaan PKL sebagai bagian dari ekonomi Indonesia yang memiliki hak mengembangkan usahanya di Indonesia.

"Maka kita menuntut hak atas ini. Kondisi kita di sektor formal belum mampu mendukung, makanya butuh sektor informal. Sektor formal tumbuh tapi tidak secepat tumbuhnya lapangan kerja yang dibutuhkan," ujarnya.

Untuk itu, Irman berharap melalui APKLI ini bisa menjadi wadah untuk bisa mengesahkan keberadaan PKL demi perkembangan ekonomi di sektor informal.

"PKL ini marketnya besar. Kenapa tidak berkembang karena tidak terorganisasi, tidak terdaftar, tidak tertib. Harapan melalui asosiasi ini, kita bisa kokoh dan disiplin agar diterima masyarakat dan berkembang," kata dia.
(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut