detikfinance

KemenPAN: Jangan Mimpi Jadi PNS Bisa Kaya, Kita Harus Siap Menderita

Herdaru Purnomo - detikfinance
Senin, 06/05/2013 08:56 WIB
Jakarta -Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) haruslah menutup impiannya menjadi kaya. Pasalnya, menjadi birokrat haruslah bisa mengemban tugas negara dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN) mengungkapkan setiap PNS serius ingin menaikkan jenjang karirnya sebagai bagian dari kepemerintahan, harus mengikuti berbagai diklat. PNS diwajibkan mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut untuk meningkatkan mutu kinerjanya.

Sekretaris KemenPAN Tasdik Kinanto menegaskan, permasalahan mendasar dari reformasi birokrasi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) Aparaturnya. Harus benar-benar selektif dalam mengangkat dan mengembangkan seorang PNS. Kinerja PNS dengan eselon dan golongan apapun harus memperhatikan kesejahteraan publik. "Jangan sampai masyarakat tidak dapat apa-apa," ujarnya seperti dikutip dari situs KemenPAN, Senin (6/5/2013).

Tahun 2013 ini penyeleksian PNS makin ketat berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Bila suatu instansi pusat atau daerah minta penambahan SDM tapi belum direalisasi oleh Kementerian PANRB, artinya instansi tersebut belum melakukan analisis beban kerja dan analisis jumlah pegawai dengan tepat.

Lebih lanjut Tasdik mengatakan bahwa, rumitnya menjadi PNS karena masyarakat menginginkan transparansi. Maka dari itu profesionalitas PNS harus ditanam sejak dini. "Jangan mimpi jadi PNS bisa kaya, harus siap menderita karena kita mengemban amanah rakyat," imbuhnya.

Dasar menciptakan reformasi birokrasi terletak pada pengelolaan SDM. Semangat perubahan ke arah yang lebih baik harus tetap berkobar dan ditularkan pada sesama teman sekerja apapun bidangnya. "Siapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh supaya menjadi orang yang terpilih karena kompetensinya, sehingga dapat menjadi birokrat yang handal," tutup Tasdik.

(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut