detikfinance

Transfer Dana via ATM ke Seluruh Bank Dikenakan Biaya Rp 5.000 per Transaksi

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Senin, 06/05/2013 11:50 WIB
//images.detik.com/content/2013/05/06/5/115637_kartu.jpeg
Jakarta -Mulai Juli 2013, Bank Indonesia (BI) bersama 3 penyedia jasa jaringan ATM lainnya mulai memberlakukan sistem layanan transfer antar bank di seluruh Indonesia. Masing-masing bank hanya akan mengenakan biaya transfer sebesar Rp 5.000 untuk sekali transaksi ke seluruh bank di Indonesia.

"Biaya sama seperti biaya awal hanya Rp 5.000 per transaksi untuk semua bank kecuali untuk ATM Prima hanya Rp 2.500," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas usai acara Penandatanganan MoU Layanan Transfer Dana Antar Prinsipal ATM/Debet Nasional, di Function Room, Gedung Thamrin Lantai 4 Bank Indonesia, Jakarta, Senin (6/5/2013).

Dia menyebutkan, BI melakukan kerjasama layanan transfer antar tiga prinsipal kartu ATM/debit domestik Indonesia yaitu PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama), PT Rintis Sejahtera (ATM Prima), dan PT Alto Network (ALTO).

Kerjasama ini merupakan upaya bersama industri pembayaran nasional untuk menjawab kebutuhan transfer dana masyarakat Indonesia yang terlihat dari tingginya pertumbuhan fitur transfer dana saat ini baik dari segi frekuensi maupun nominal.

Melalui interkoneksi layanan ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi transfer antar bank melalui ATM secara real time dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia. Peningkatan layanan kepada masyarakat ini tidak menambah biaya pada layanan transfer dana antar bank saat ini.

BI memandang bahwa kerjasama layanan ini merupakan cikal bakal pengembangan fitur/layanan interkoneksi layanan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Begitu kita transfer, detik itu juga nyampe. Bisa terhubung ke wilayah-wilayah yang jauh seperti ke Aceh, Sumatera, dan lain-lain," kata Ronald.

Adapun kerjasama ketiga prinsipal ini akan berlangsung mulai Juli 2013. Direktur Utama Artajasa Arya Damar mengatakan, BI beserta 3 prinsipal lainnya yaitu Alto, ATM Bersama, dan ATM Prima telah sepakat untuk melayani jasa transfer dana.

"Juli 2013 mulai diberlakukan. Kita sepakat untuk melayani ini. Target Juli nasabah seluruh bank anggota principle bisa melakukan transfer ke masing-masing bank," kata Arya.
(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut