detikfinance

Kekerasan Buruh Pabrik Panci, Cak Imin: Pelakunya Harus Dihukum Berat

Wiji Nurhayat - detikfinance
Selasa, 07/05/2013 12:58 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/05/07/4/130528_muhaimindalam.jpg
Karawang -Kasus kekerasan dan perbudakan terhadap 34 buruh di pabrik kuali/panci di Bayur, Kabupaten Tangerang, Banten menggegerkan pemerintah. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menanggapi masalah yang memang jadi bidangnya tersebut.

"Tentu ini keterlaluan dan palakunya wajib dihukum berat," kata Muhaimin usai meresmikan rumah tapak di Perumahan Pondok Melati Kerawang, Jawa Barat, Selasa (7/0/2013).

Ia pun tidak segan-segan agar kepolisian membongkar tuntas kasus ini. Termasuk keterlibatan oknum yang bermain dan melindungi pengusaha panci, karena kejadian ini sudah berlangsung cukup lama.

"Tentu kita menyesalkan atas kejadian ini dan polisi bisa membongkar tuntas untuk orang biadap seperti itu dan siapa juga yang melindungi. Ini sudah mulai terbongkar," katanya.

Ia juga meminta Bupati Tangerang segera merapikan kembali kepengurusan dinas tenaga kerjanya. "Kadisnaker (Kepala Dinas Tenaga Kerja) ini adalah kewenangan Pemda sehingga Bupati agar merapikan kembali," imbuhnya.

Namun upaya yang penting menurutnya yang harus dilakukan adalah peran aktif masyarakat untuk tidak takut melapor agar kejadian sejenis tidak terulang.

"Kadisnaker ke depan harus inisiatif melibatkan serikat pekerja dan buruh dan menjadi pengawas langsung ke lapangan. Masyarakat juga jangan takut untuk melaporkan kepada aparat kepolisian, pemerintah juga selalu standby dan akan melindungi," tegasnya.

Praktik penyekapan di pabrik panci di Kampung Bayur Opak RT 03/06, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, terkuak setelah dua buruh yang bekerja di pabrik itu berhasil melarikan diri. Andi Gunawan (20) dan Junaidi (22) kabur setelah 3 bulan dipekerjakan dengan tidak layak.
(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.
  • Gb Senin, 21/07/2014 20:59 WIB
    Pilih Tak Mudik, CT: Saya Tak Punya Kampung
    Bagi para perantau, kegiatan mudik Lebaran sudah menjadi tradisi setiap tahun. Namun bagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, kegiatan mudik tak berlaku.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut