detikfinance

Bersiap Hadapi Gugatan, Kemendag Gandeng Kejaksaan Agung

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Rabu, 08/05/2013 14:23 WIB
Bersiap Hadapi Gugatan, Kemendag Gandeng Kejaksaan Agung
Jakarta -Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Kejaksaan Agung untuk penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang dihadapi kementerian tersebut.

Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan bantuan dalam penanganan hukum terhadap kemungkinan adanya gugatan yang dilayangkan ke Kemendag, baik perdata maupun tata usaha negara atas berbagai kebijakan yang diterbitkan oleh para pejabat Kemendag.

Kerjasama tersebut direalisasikan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Burhanuddin.

"Kita kan selaku PNS dan pejabat negara dari eselon 1,2,3,4 mengeluarkan kebijakan dan langkah menurut keyakinan sesuai dengan ketentuan. Barangkali dalam banyak hal yang kita lakukan kadang-kadang berbenturan," kata Gunaryo usai acara penandatanganan MoU, di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Dia mengatakan, ruang lingkup kesepakatan bersama ini akan meliputi hal-hal yang berkaitan dengan penanganan perkara, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan pemberian legal opinion.

"Semangatnya adalah untuk lebih menjamin kepastian hukum bagi para pejabat Kemendag dalam mengambil berbagai langkah kebijakan," ujarnya.

Dia menambahkan, kerjasama ini juga dapat memperkuat fungsi bantuan hukum yang telah lama dilaksanakan secara internal melalui Biro Hukum Sekjen Kemendag dan khususnya yang terkait dengan pengawasan perdagangan berjangka komoditi oleh Biro Hukum Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

"Kerjasama ini tidak masuk dalam ranah hukum pidana. Dalam hal ini Jamdatun akan kita mintai bantuan selaku pengacara negara. Kita harus manfaatkan," kata Gunaryo.

(dnl/dnl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut