detikfinance

Untuk BLT Selama 4 Bulan, Pemerintah Siapkan Rp 13 Triliun

Rivki - detikfinance
Rabu, 08/05/2013 18:24 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/05/08/4/180425_blt.jpg
Jakarta -Pemerintah berencana mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang namanya menjadi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) Rp 150 ribu per bulan selama 4 bulan. Total dana program tersebut mencapai Rp 13 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh Menko Kesra Agung Laksono ketika ditemui usai rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

"Total untuk BLSM saja sekitar Rp 13 triliun. Nanti ada di APBN-P dari penghematan yang ada (karena harga BBM naik). Dari situ dikembalikan lagi ke orang miskin supaya mereka tidak terkena dampak," tutur Agung.

BLSM ini diberikan untuk orang miskin sebagai kompensasi dari kenaikan harga BBM subsidi yang akan dilakukan. Pemerintah akan mengajukan BLSM ini dalam pembahasan APBN Perubahan 2013 kepada DPR.

Akan ada 15,5 juta rumah tangga sasaran yang menerima kucuran BLSM ini, atau jumlahnya sekitar 62 juta hingga 65 jiwa jiwa. "Itu berarti hampir 30% dari jumlah penduduk Indonesia," jelas Agung.

Kenapa cuma 4 bulan? Ini karena kekuatan anggaran pemerintah terbatas. Selain itu semakin pendek kucuran BLSM, maka untuk DPR lebih baik. Agar BLSM tidak menjadi alat politik saat kampanye 2014.
(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 03/08/2014 18:18 WIB
    Ini Penyebab Klaim Asuransi Kecelakaan Tak Bisa Cair
    Beberapa kasus ada saja pemegang asuransi kecelakaan yang sulit mencairkan klaimnya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi kecelakaan sulit atau bahkan tak bisa cair.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut