detikfinance

Ironis, Daerah Penghasil Emas & Listrik Ini Miskin dan Gelap Gulita

Yasser Ali Harakan - detikfinance
Kamis, 09/05/2013 13:10 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/05/09/4/131130_emaspandeglang.jpg
Jakarta -Ironis, itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi masyarakat Cimanggu, Pandeglang, Banten. Daerah penghasil emas ini justru terbelakang karena kawasan tersebut sulit diakses.

Bahkan satu kampung yaitu Dukuh Handap di Desa Batu Hideung Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang Banten, masih terisolir karena akses jalan yang rusak parah.

Padahal Tambang Emas Cibaliung yang berada di Kecamatan Cimanggu sudah beroperasi sejak April 2010 lalu. Tambang Emas milik Antam ini berjarak sekitar 8 Km dari Kampung Dukuh Handap yang terisolir tadi.

Kampung Dukuh Handap juga hanya berjarak sekitar 20 Km dari PLTU Labuan sebagai salah satu penghasil listrik di Pulau Jawa. Namun jalan menuju kampung ini gelap gulita bila waktu Maghrib telah tiba.

Kecamatan Cimanggu juga bersebelahan dengan Kecamatan Taman Jaya tempat Taman Nasional Ujung Kulon sebagai lokasi konservasi badak bercula satu yang mendunia. Akan tetapi sayang sekali infrastruktur jalannya rusak parah luar biasa.

Nurdin, warga sekitar mengungkapkan perasaannya ketika mengantar sekolah anaknya. "Desa kami ini bukan lagi desa tertinggal, tapi desa yang ditinggalkan," ungkapnya dikutip Kamis (9/5/2013)

Jalan naik turun dengan sudut kemiringan sekitar 45-60 derajat membuat waktu tempuh menuju Desa Batu Hideung lebih lama. Belum lagi kondisi jalan tanah merah dan cadas yang sangat licin bila terguyur hujan walau kecil sekalipun.Next

Halaman 12
(hen/hen)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut