detikfinance

Ini Dia Calon Kuat Menkeu Baru, Siapa yang Bakal Dilantik SBY?

Herdaru Purnomo - detikfinance
Senin, 13/05/2013 12:04 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/05/13/4/115934_chatib.jpeg
Jakarta -Menteri Keuangan (Menkeu) baru akhirnya siap dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa yang saat ini menjadi Pelaksana tugas (Plt) Menkeu memberikan 'clue' bahwa sang Menkeu baru bukan dari kalangan partai politik. Siapa dia?

Berdasarkan kabar beredar dan beberapa sumber detikFinance, Senin (13/5/2013) terungkap calon terkuat yang menduduki jabatan Menkeu yaitu Chatib Basri.

"Chatib Basri telah direstui Wapres Boediono bahkan Bank Dunia dan IMF juga. Saya rasa beliau orang yang akan menduduki jabatan Menkeu," jelas sumber tersebut.

Pria yang akrab disapa 'Dede' ini merupakan dosen senior di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Di kampus tersebut, Chatib Basri juga bertindak sebagai Direktur Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM-UI). Chatib saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Ekonom Dradjad Wibowo mengatakan Chatib Basri memang sudah sejak lama masuk dalam bursa Menkeu baru setelah Agus Marto resmi terpilih sebagai Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution. Menurut Dradjad, Chatib memang direkomendasikan langsung oleh Wapres Boediono.

"Untuk saat ini urusan keuangan dan moneter, Presiden banyak mendengar Wapres. Ia (Chatib) telah direkomendasikan Wapres," jelas Dradjad.

Jika tak ada aral melintang maupun perubahan pemikiran oleh SBY, maka Chatib besok akan segera dilantik. Namun, calon lain yang masuk bursa Menkeu baru adalah Gita Wirjawan.Next

Halaman 12
(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut