BBM Belum Naik, Harga Telur dan Mie Instan di Pasar Sudah Melonjak

Wiji Nurhayat - detikfinance
Senin, 13/05/2013 14:43 WIB
//images.detik.com/content/2013/05/13/1034/144546_pasarluar.jpg
Jakarta -Beberapa harga pangan seperti telur dan mie instan sudah naik, padahal pemerintah belum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Saat terjadi kenaikan harga BBM diperkirakan terjadi lonjakan harga 40%.

Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran menuturkan harga mie instan dan telur sudah naik sejak pemerintah berencana menaikkan harga BBM.

"Harga indomie (mie instan) naik per kardus Rp 4.000 sedangkan telur naik Rp 3.000/kg juga gula. Mulai naik sejak pemerintah berencana menaikkan harga BBM jadi spekulasi pasar sudah negatif," tutur Ngadiran saat dihubungi detikFinance, Senin (13/05/2013).

Menurutnya, sikap pemerintah yang tidak tegas justru merugikan masyarakat. Pasalnya harga pangan sudah merangkak naik, padahal pemerintah belum menaikkan harga BBM.

"Ini yang membuat ketidakpastian sehingga rakyat yang dirugikan dengan kenaikan harga ini," jelasnya.

Rencananya pemerintah segera akan menaikkan untuk BBM untuk BBM premium sebesar Rp 2.000/liter menjadi Rp 6.500/liter, sedangkan solar Rp 1.000/liter menjadi Rp 5.500/liter. Ngadiran memastikan dengan kenaikan sebesar itu akan ada kenaikan harga barang-barang hingga 40%.

"Akan ada kenaikan produk komoditas di pasar sebesar 40%. Jadi memang risikonya adalah harga akan bergerak dan memang diprediksi harga komoditas bakal naik," katanya.

(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut