detikfinance

Rata-rata Ongkos Naik Haji Rp 33 Juta, Ini Daftar Lengkapnya

Herdaru Purnomo - detikfinance
Selasa, 14/05/2013 09:19 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/05/14/4/092152_naikhaji.jpeg
Jakarta -Pemerintah menekan tarif penerbangan haji tahun 2013 hingga 3 persen dalam upaya meringankan beban calon jemaah haji. Pengurangan ini diharapkan bisa dirasakan manfaatnya oleh jemaah haji mengingat biaya penerbangan mencapai hampir 60% dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu mengatakan, penurunan tarif dilakukan bersamaan dengan peningkatan pelayanan penerbangan, mengurangi proses transit di Jeddah, meminta tambahan slot kepulangan melalui Bandara Madinah, dan monitoring on-time performance.

"Pemerintah juga meningkatkan jumlah awak kabin dari Warga Negara Indonesia (WNI) lokal sesuai dengan daerah embarkasi. Ini dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dengan jemaah haji," ungkap Anggito seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (14/5/2013).

Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menyampaikan sebagai bagian dari layanan terhadap jemaah, tahun ini Garuda Indonesia merekrut awak kabin dari daerah embarkasi. "Ini khususnya untuk mengatasi kendala komunikasi, mengingat sebagian jemaah hanya mempu berbahasa daerah," ujar Emirsyah.

Untuk mendukung peningkatan kualitas layanan, Emirsyah mengatakan bahwa Garuda Indonesia akan mengoperasikan 14 pesawat yang terdiri dari 10 pesawat A330-300 (375 seat), 3 pesawat B-747 (455 seat), dan 1 pesawat B-777 (314 seat).

"Pesawat tersebut rata-rata berusia muda, bahkan ada yang diproduksi tahun 2010," terang Emirsyah.

Ongkos Naik HajiNext

Halaman 12
(dru/ang)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut