detikfinance

Alat Ini Dipasang Pertamina, Mobil Dinas PNS Pakai Premium Bakal Terdeteksi

Rista Rama Dhany - detikfinance
Rabu, 15/05/2013 09:40 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2013/05/15/1034/094324_161758_spbu.monitor.dikhy1.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -PT Pertamina (Persero) akan melakukan pemasangan alat RFID (Radio Frequency Identification) pada 100 juta kendaraan di seluruh Indonesia. Alat tersebut memiliki 2 fungsi, salah satunya pengendalian BBM subsidi.

"RFID yang merupakan satu Sistem Monitoring dan Pengendalian (SMP) memiliki dua fungsi, satu untuk fungsi monitoring yakni mencatat semua transaksi pembelian BBM subsidi dan fungsi kedua adalah untuk pengendalian BBM subsidi," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya, ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/5/2013).

Fungsi pengendalian, kata Hanung, yakni untuk membatasi pembelian BBM subsidi untuk mobil-mobil pribadi. "Alat ini juga bisa menghindarkan orang-orang atau kendaraan yang tidak boleh membeli BBM PSO (subsidi), seperti kendaraan dinas/plat merah," ungkapnya.

Bagaimana dengan kendaraan pribadi?

"Kalau itu tergantung kebijakan pemerintah, kalau pemerintah mengeluarkan kebijakan pengendalian BBM subsidi untuk kendaraan pribadi maka hal itu bisa dilakukan dan dengan RFID akan sangat efektif bisa diterapkan," tandas Hanung.

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengungkapkan ketika semua kendaraan telah dipasang RFID maka pembelian BBM subsidi akan dibatasi.

Berapa maksimal pembelian BBM subsidi?Next

Halaman 12
(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut