detikfinance

Ada Masalah Terkait Lembaga Keuangan? Hubungi Pelayanan Layanan OJK

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Jumat, 17/05/2013 16:50 WIB
//images.detik.com/content/2013/05/17/4/165258_ojkojk.jpeg
Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Layanan Konsumen Keuangan Terintegrasi atau Financial Costumer Care (FCC). Ini adalah layanan untuk konsumen yang ingin menyampaikan atau meminta informasi dan pengaduan.

Peresmian dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Haddad di kantor FCC OJK, Citiwalk, Jl KH Mas Mansyur, Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Muliaman menyatakan pentingnya layanan kepada konsumen agar semakin cepatnya pemberian edukasi seputar jasa keuangan. "Fungsi edukasi dan perlindungan konsumen merupakan pilar terpenting OJK. Sektor pasar modal, industri keuangan non bank dan 2014 OJK akan awasi industri perbankan," jelasnya.

Konsumen dapat memanfaatkan waktu dari pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB setiap hari untuk menghubungi di 021 - 500655 dengan rata-rata durasi setiap layanan 3-5 menit.

"Sekarang masih berbayar dan dikenakan bayarannya itu tarif lokal. Nanti kita akan usahakan supaya bebas pulsa," ujarnya

Saat menghubungi, konsumen berhak menyampaikan apapun, seputar jasa keuangan. Seperti terkait persoalan asuransi, dana pensiun, pasar modal dan lainnya. Konsumen hanya perlu meninggalkan identitas lengkap, termasuk alamat dan nomor yang bisa dihubungi.

"2 hari, respon sudah harus ada, minimal keputusan agar konsumen hubungi departemen lain, itu sudah harus ada. Anda kan ningggalin nomer hp itu kami rekam," kata Muliaman.

Jumlah operator yang akan melayani adalah 21 orang. Dimana menurut Muliaman, para operator sudah diberikan pelatihan dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari konsumen.

"Sementara 21 cukup kecuali dampak dari launching membludak orang baru itu, kita latih 21 itu agar bisa membangun, karena semua masuk database," sambungnya.

Selain melalui sambungan telepon, konsumen juga bisa meminta layanan melalui sistem surat menyurat. Alamat yang dituju adalah Kantor EPK OJK, Bidang edukasi dan perlindungan konsumen OJK, Menara radius prawiro lantai 2 Komplek perkantoran BI Jl. MH Thamrin no 2. Jakarta 10350.
(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut