detikfinance

Langka di Pasar, Harga Jengkol Lebih Mahal daripada Daging Ayam

Mansur Hidayat - detikfinance
Rabu, 29/05/2013 15:23 WIB
//images.detik.com/content/2013/05/29/4/jengkol3.jpg
Garut -Produk sayur seperti Jengkol di Garut Jawa Barat harganya mulai meroket, harga 1 Kg jengkol mencapai Rp 32.000. Dibandingkan dengan harga daging ayam yang hanya Rp 26.000 per Kg.

Salah seorang pedagang sayuran di pasar Ciawitali, Guntur, Garut, Ayi mengatakan sejak sebulan terakhir harga jengkol terus mengalami kenaikan dari harga biasanya hanya mencapai Rp 5.000 per Kg.

"Sudah mahal, barangnya sulit didapat," ujarnya, di Garut, Rabu (29/5/2013)

Para pedagang sayuran yang biasa menyediakan jengkol kini kewalahan karena banyak pelanggan yang kecewa pesanan jengkolnya tak terpenuhi. "Terutama para pemilik rumah makan, sudah pesan sejak beberapa hari lalu hingga saat ini belum terpenuhi," katanya.

Ayi tidak mengetahui penyebab hilangnya jengkol di pasaran, yang ia ketahui hanyalah pasokan jengkol dari daerah Sumatera dan Jawa Tengah sangat sedikit. "Katanya pasokan dari Sumatra dan Jawa Tengah sedikit, saya sendiri sering tidak kebagian, " ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Dede (45) pedagang daging ayam, menurutnya sejak sebulan ini banyak yang menanyakan jengkol, namun ketersediaan jengkol di Pasar Ciawitali tidak ada.

"Ya, banyak tetangga saya yang titip pesan jengkol, eh jengkolnya susah dicari, terus harganya jadi mahal, lebih mahal dari daging ayam, " imbuhnya sambil tersenyum.

(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close