detikfinance

BUMN Bangun Kebun Durian dan Manggis Modern

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Jumat, 31/05/2013 18:00 WIB
//images.detik.com/content/2013/05/31/4/180249_durianluar.jpg
Jakarta -PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII mulai mengembangkan perkebunan buah modern pertama di Indonesia. BUMN ini menanam buah tropis seperti duren dan manggis dalam jumlah yang besar.

Hal ini disampaikan Deputi Kementerian BUMN Bidang Industri Primer Muhamad Zamkhani di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (31/5/2013).

"Masih jalan, kemarin Pak Dahlan ke Bogor. Sekarang masih dalam tahap penanaman durian sama manggis. Bertahap sambil mencari ketersediaan
lahan dan kecocokan," ucap Zamkhani.

Perkebunan buah modern ini diakuinya sebagai yang pertama dikelola oleh BUMN. Selain tanaman buah tahunan, PTPN VIII mengembangkan buah
yang bisa dipanen dalam waktu relatif singkat seperti pisang dan pepaya.

"Sambil tanam duren dan manggis sebagai tanaman tahunan. Di sela perkebunan ditanami pisang dan pepaya. Pisang sudah panen," tambahnya.

Perkebunan PTPN VIII yang tersebar di Jawa Barat akan mengalokasikan lahan 1.500 hektar untuk perkebunan manggis dan 1.500 untuk perkebunan
durian. Sementara buah yang dihasilkan, akan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor. Selain PTPN VIII, pengembangan perkebunan
buah modern akan diadopsi di lahan perkebunan milik pelat merah di seluruh Indonesia.

"Ke depan saya minta inventaris yang cocok ditanamin buah tropik. Mulai dianggarkan tahun depan. Tahun ini konsetrasi ke PTPN VIII," tegasnya.

(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut