detikfinance

Mulai 1 Juli 2013, Tiket Kertas KRL Non Ekonomi Dihapuskan

Wahyu Daniel - detikfinance
Jumat, 07/06/2013 17:11 WIB
//images.detik.com/content/2013/06/07/4/165926_eticket.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menghapuskan tiket kertas untuk KRL Commuter non ekonomi mulai 1 Juli 2013 ini. Nantinya semua tiket KRL Commuter non ekonomi akan menggunakan tiket elektronika.

Direktur Utama KAI Ignasius Jonan mengatakan, tiket elektronika ini akan disediakan dalam bentuk pra bayar yang bisa diisi ulang ataupun tiket elektronika untuk sekali jalan.

"Tiket elektronika dilakukan agar penerapan tarif progresif bisa dilaksanakan. Ini penting untuk kemanfaatan penumpang, lebih fair tarifnya tergantung jarak tempuh. Tapi satu catatan penting, untuk KRL Ekonomi Non AC akan tetap menggunakan karcis kertas," ujar Jonan ketika ditemui detikFinance di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Jonan mengatakan, sejak 1 Juni 2013 sistem tiket elektronika sudah disediakan secara parsial, namun masih dijual tiket kertas sampai saat ini. Perlahan, mulai 15 Juni 2013, KAI akan menjual kartu multitrip atau kartu prabayar yang rencananya bisa diisi minimal Rp 13 ribu hingga Rp 1 juta.

"Kartu ini dapat dipakai ke mana saja dan kapan saja dalam rute KRL Jabodetabek," ujar Jonan. Kartu elektronik ini bisa dibeli di stasiun atau di Indomaret, nanti pihak KAI juga akan bekerjasama dengan perbankan untuk mempermudahkan pengisian ulang kartu elektronika tersebut.


(dnl/hen)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut