Perusahaan Prancis Total E&P Mulai Ngebor Cari Minyak dan Gas di Papua

Rista Rama Dhany - detikfinance
Minggu, 16/06/2013 15:02 WIB
//images.detik.com/content/2013/06/16/1034/150644_gas320.jpg ilustrasi
Jakarta -Total E&P Indonesia West Papua mulai akhir Juni 2013 melakukan pegeboran sumur eksplorasi di Anggrek Hitam-1x di Blok-1x di Blok Southwest Brid's Head, Papua.

"Sebuah rig pengeboran jenisswamp barge ‘Maera’ telah dikirim dari Kalimantan Timur pada 5 Juni 2013 lalu, dan direncanakan tiba pada 17 juni 2013 di Tanjung Suabor, Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat," ujar District Manager Total E&P Indonesia West Papua Avep Disasmita, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/6/2013).

Dikatakan Avep, operasi pengeboran diperkirakan akan berlangsung selama dua setengah bulan.

"Sesuai adat masyarakat setempat, untuk menyambut kedatangan rig Maera akan diadakan upacara adat pada 17 Juni 2013 yang melibatkan sekitar 200 warga lokal dari dua suku utama pemegang hak ulayat di lokasi tersebut," ucap Avep.

Sejumlah perusahaan lokal dan nasional yang terlibat dalam kegiatan persiapan eksplorasi telah mempekerjakan penduduk setempat. PT Modern, sebuah perusahaan kontraktor lokal di Papua Barat, mempekerjakan 120 penduduk setempat ketika membersihkan lahan untuk lokasi pengeboran.

PT Onasis, perusahaan kontraktor lainnya, juga mempekerjakan 36 penduduk setempat. Termasuk PT Apexindo, yang mengoperasikan rig Maera dan melaksanakan operasi pengeboran mempekerjakan 16 penduduk setempat.

Secara keseluruhan dalam kegiatan persiapan eksplorasi ini Total mencapai 124.500 jam kerja, dan 150 hari kerja tanpa ada kehilangan waktu karena kecelakaan selama tahap persiapan lokasi.

Seperti diketahui, Total memenangkan tender PSC tersebut pada Agustus 2011 dalam paruh kedua Regular Tender periode 2010. Blok eksplorasi ini terletak di wilayah lepas pantai Salawati Basin Propinsi Papua Barat, meliputi wilayah seluas 7.176 km2.

Akuisisi Blok ini sejalan dengan target dan strategi yang lebih agresif dan penuh resiko tapi memiliki prospek yang luas di wilayah-wilayah frontier.
(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut