detikfinance

BBM Naik, Kenaikan Tarif Angkutan Umum Dipatok Maksimal 20%

Zulfi Suhendra - detikfinance
Senin, 17/06/2013 14:38 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/06/17/4/144027_angkot320.jpg
Karawang -Rencana kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan akan berimbas kepada perubahan tarif angkutan umum. Pemerintah akan mematok batas kenaikan tarif angkutan maksimal 20%.

"Naiknya tarif angkutan umum tidak boleh lebih dari 10%-20%," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoeso di depan puluhan Kadishub Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di dalam sebuah Rapat Koordinasi membahas Angkutan Lebaran yang diselenggarakan di Hotel Citra Grand, Karawang, Jawa Barat, Senin (17/6/2013).

Padahal, kenaikan biaya angkutan yang diakibatkan oleh kenaikan harga bahan bakar minyak sejatinya berpengaruh hingga 39%. Namun, berdasarkan pertimbangan dari sisi daya beli masyarakat, maka pemerintah menegaskan kenaikan tersebut hanya boleh berpengaruh sebesar 20% saja.

"Bahan bakar memang mempengaruhi tarif itu 39% di samping komponen lain. Tapi kita lihat lah daya beli masyarakat, maksimal jadi 20%," katanya.

Dikatakan Soeroyo, kenaikan BBM memang benar-benar harus dilakukan. Pasalnya, subsidi BBM yang memberatkan APBN 2013. Selain itu, kerap salah sasaran karena dinikmati oleh kendaraan-kendaraan yang tak berhak.

"Kenaikan bahan bakar ini akan terjadi, karena lebih banyak untuk kepentingan mobil pribadi. Hanya 7% subsidi itu dinikmati angkutan umum, yang lainnya untuk mobil pribadi," ujarnya.

(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.
  • Gb Senin, 21/07/2014 20:59 WIB
    Pilih Tak Mudik, CT: Saya Tak Punya Kampung
    Bagi para perantau, kegiatan mudik Lebaran sudah menjadi tradisi setiap tahun. Namun bagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, kegiatan mudik tak berlaku.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut