detikfinance

Molor, Proyek Tol Kebon Jeruk-Ulujami Baru Rampung Habis Lebaran

Zulfi Suhendra - detikfinance
Selasa, 18/06/2013 19:21 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/06/18/4/181444_tolulujami.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan proyek jalan tol Kebon Jeruk-Ulujami seksi 1,2,dan 3 baru selesai usai Lebaran pada Agustus ini. Proyek ini molor dari target sebelumnya yaitu akhir Juli 2013.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum Ahmad Ghani Ghazali mengatakan, untuk seksi 1,2 dan 3 ruas tol ini hanya tersisa beberapa bidang tanah saja yang dibebaskan, di samping menyelesaikan pembangunan fisiknya.

"Tol Jakarta Outer Ring Road W2 ruas Kebon Jeruk-Ulujami utara seksi 1,2 dan 3 ini hanya ada 1-2 bidang (tanah) yang tinggal dibebaskan. Paling mungkin tol ini selesai habis lebaran (Agustus)," kata Ghani saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jalan Patimura, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Sedangkan untuk seksi 4, lanjut Ghani, masih ada 136 bidang tanah yang harus dibebaskan. Perkembangan terakhir menurut Ghani, kontraktor tengah menunggu appraisal untuk ganti rugi lahan yang baru.

"Seksi 4 itu ada sekitar 136 bidang. Yang lama di mana dia memegang kekuatan hukum mereka menang di MA, sekarang dengan diappraisal (dinilai) ulang. Dapat hasil appraisal-nya belum," katanya.

Dengan demikian, saat ini untuk paket 1,2, dan 3 dari Kebon Jeruk hingga Ulujami telah mencapai 80% lebih, diharapkan tol ini akan dapat beroperasi setelah hari lebaran. Namun, jaringan tol JORR belum tersambung semua karena seksi 4 sepanjang 2,1 km dari Ciledug hingga Ulujami belum tersambung.

"Kita upayakan tahun ini selesai," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Marga Lintas Jakarta (MLJ) Sonhadji Surahman, selaku operator ruas tol ini mengatakan, pihaknya akan berupaya keras meneruskan pembangunan paket 3 hingga Ciledug, di luar target pemerintah yang hanya sampai Joglo.

Proyek tol ini terbagi menjadi 4 seksi. Paket 1 (Kebon Jeruk-Meruya) sepanjang 1,95 km, Paket 2 (Meruya-Joglo) sepanjang 1,5 km, serta Paket 3 (Joglo-Ciledug) sepanjang 2,35 km mencapai 50%. Sedangkan paket 4 yang membentang dari Ciledug-Ulujami sepanjang 2,07 km.

Proyek Tol JORR W2 ini memiliki panjang jalan 7,67 km, PT Marga Lintas Jakarta adalah anak usaha dari PT Jasa Marga Tbk selaku pemegang konsesi atas ruas tol ini. Total investasi untuk ruas tol ini menelan dana Rp 2,2 triliun.
(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut