detikfinance

Bank Mestika Bidik Salurkan Kredit Rp 5,9 Triliun di 2013

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Rabu, 19/06/2013 16:40 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/06/19/5/rupiahlihdalam.jpg
Jakarta -PT Bank Mestika Dharma Tbk menargetkan penyaluran kredit Rp 5,94 triliun sepanjang tahun 2013. Sebanyak 30% dari total kredit itu akan disalurkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memang jadi fokus bisnis perseroan.

Direktur Utama Bank Mestika Dharma Achmad S. Kartasasmita mengatakan, hingga akhir Desember 2012 Bank asal Medan, Sumatera Utara ini telah menyalurkan kredit sebesar Rp 5,1 triliun dengan rincian Rp 1,4 triliun disalurkan untuk modal kerja.

"Sekitar 30% kredit perseroan disalurkan ke sektor UKM. Sisanya disalurkan ke konsumer termasuk KPR dan korporasi," kata Achmad saat ditemui di Gedung Energi, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Dia mengatakan, perseroan juga berencana akan membuka beberapa kantor cabang di daerah Jambi, Bandung, Tanjung Pinang, dan Jabodetabek, namun saat ini baru satu kantor cabang yang telah mendapatkan izin dari regulator, yaitu di Jambi.

"Bank Mestika tengah mengusahakan pembukaan kantor cabang di lokasi lain, yaitu Bandung, Tanjung Pinang, dan Jabodetabek," ujarnya.

Dengan penambahan kantor cabang tersebut, Achmad menargetkan bisa meraup laba bersih sebesar Rp 291 miliar di akhir 2013 atau naik 8,8 persen.

Sepanjang 2012 perseroan telah mengumpulkan dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 5,4 triliun dengan komposisi sebesar Rp 2,98 triliun merupakan tabungan, Rp 706 miliar giro dan sisanya deposito berjangka. Perseroan menargetkan kenaikan DPK sepanjang tahun ini sebesar Rp 6,3 triliun.

Aset perseroan hingga akhir 2012 mencapai Rp 7,3 triliun dan ditargetkan bisa naik menjadi Rp 8,4 triliun di tahun ini. Pertumbuhan aset ini didorong oleh penambahan kantor cabang perseroan tahun ini.

"Sekarang kita punya 10 kantor cabang, 44 kantor cabang pembantu, dan 6 kantor kas yang berlokasi di Sumatra dan Jawa," kata dia.
(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut