detikfinance

6 Bank Layani e-Ticketing KA Bandara Kuala Namu dan KRL Jabodetabek

Khairul Ikhwan - detikfinance
Jumat, 21/06/2013 13:31 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/06/21/4/kai.jpg Foto: Khairul-detikFinance
Medan -Sebanyak 6 bank akan melayani e-ticketing kereta api Bandara Kuala Namu dan Commuter Line Jabodetabek yang dikelola PT Kereta Api Indonesia (KAI). Calon penumpang kereta dapat memperoleh tiket dari mesin tiket yang didukung bank-bank tersebut.

Kesepakatan dalam penyediaan e-ticketing itu tertuang dalam MoU antara grup KAI, yakni PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (PT KCJ) dan PT Railink dengan keenam bank tersebut, masing-masing Bank Mega, BNI, BRI, BCA, Mandiri, dan Bank DKI. Penandatanganan MoU itu berlangsung di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Jumat (21/6/2013).

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas turut menyaksikan ketika para pihak melakukan penandatanganan. Hadir dalam acara itu Direktur BCA Henry Koenaifi, Direktur Konsumer BRI Toni Soetirto, Direktur Konsumer dan Ritel BNI Darmadi Sutanto, Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib, Direktur Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri Sunarso, Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono, Direktur Keuangan KAI Kurniadi Atmosasmito, Direktur Utama PT KCJ Ignatius Tri Handoyo, dan Direktur Utama PT Railink MN Fadhil.

Melalui kesepakatan ini, maka para pemilik kartu kredit, debit maupun pre-paid keluaran bank yang bersangkutan, dapat digunakan untuk membeli tiket dari mesin tiket yang disediakan KCJ untuk Commuter Jabodetabek, serta yang disediakan PT Railink untuk calon penumpang kereta api Bandara Kuala Namu. Sistem ini merupakan yang pertama ada di Indonesia

"Kesepakatan ini merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada calon penumpang. Cukup menggunakan kartu dari bank pada ticket vending machine, maka tiket dapat diperoleh, terbebas dari antrean," kata Direktur Keuangan KAI Kurniadi Atmosasmito.

Dalam kesempatan itu, Deputi Gubernur BI Ronald Waas menyatakan, sistem yang menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) sejalan dengan roadmap Bank Indonesia untuk meningkatkan jumlah less cash society di Indonesia.

"Nantinya produk uang elektronik dari bank yang berkonsorsium diharapkan terintegrasi pemakaiannya dengan moda-moda transportasi lainnya di Indonesia," kata Ronald Waas.

Sementara Direktur Konsumer dan Ritel BNI Darmadi Sutanto menyatakan, penandatanganan MoU ini akan memperkokoh kerjasama yang telah dijalin sebelumnya dengan KAI. Selama ini, BNI telah menjadi mitra KAI dalam memberikan pelayanan transaksi e-ticketing KA Pramex jurusan Jogja-Solo.

"BNI juga menerbitkan BNI Prepaid Rail Card, kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membeli tiket kereta dan berbelanja di merchant-merchant berlogo BNI," tukas Darmadi.

Setelah penandatanganan MoU, seluruh rombongan mengujicoba kereta api yang dioperasikan PT Railink menuju Bandara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).
(rul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut