detikfinance

RI Langganan Impor Cabai dari Vietnam dan China

Suhendra - detikfinance
Rabu, 26/06/2013 12:04 WIB
//images.detik.com/content/2013/06/26/4/115856_cabai3202.jpg
Jakarta -Setiap tahun selalu terulang lonjakan harga cabai di dalam negeri. Sehingga menjadi peluang bagi importir untuk mengimpor cabai dari negara-negara tetangga.

Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia Dadi Sudiana mengatakan, China dan Vietnam menjadi langganan sebagai negara pemasok cabai ke Indonesia. Pasokan dan harga cabai di dalam negeri sering fluaktuatif karena gangguan cuaca ekstrem.

"Selama ini impor cabai dari Vietnam dan China," kata Dadi kepada detikFinance, Rabu (26/6/2013)

Dadi tak tahu berapa harga cabai impor saat ini, menurutnya ada rencana impor cabai menunjukan produk impor lebih kompetitif dari lokal. Harga cabai lokal di tingkat petani telah naik menjadi Rp 20.000 per Kg, padahal beberapa pekan lalu saat normal masih Rp 12.000 per Kg

Menurut Dadi, produksi cabai dari dalam negeri selama setahun kurang lebih 1 juta ton. Pasokan cabai dari petani lokal sejatinya cukup untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Namun pada periode tertentu terutama di luar Panen Raya dan ada cuaca ekstrem, pasokan berkurang sehingga harga melonjak. Bahkan beberapa tahun lalu cabai di pasar tradional bisa menembus Rp 100.000 per Kg.

"Masalahnya nggak tiap tahun merata produksinya, apalagi ada masa paceklik seperti cuaca ekstrem. Cabai di Indonesia ada masa panen raya Februari, Maret, dan April," katanya.
(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut