detikfinance

Ada Proyek Jalan Puncak II 48 Km, Lereng Pegunungan Sentul-Cipanas akan Dibom

Wiji Nurhayat - detikfinance
Jumat, 05/07/2013 13:14 WIB
//images.detik.com/content/2013/07/05/4/jalanpuncak.jpg
Cianjur -Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mulai mengerjakan pembangunan jalur Puncak II rute Sentul-Cipanas atau alternatif puncak Jawa Barat. Jalan ini akan menjadi penopang Jalan Raya Bogor dan jalan menuju Puncak yang selama ini sudah padat.

Konstruksi proyek ini terkendala kondisi bebatuan yang keras untuk dikerjakan. Sehingga ada rencana meledakkan dengan bom beberapa lokasi yang kondisi tanahnya keras, kegiatan peledakan ini juga untuk membelah lereng pegunungan di lintasan proyek tersebut.

"Kondisi tanahnya itu tanah lempung di atas tetapi di bawah keras sekali dan susah sekali. Jadi keras di dalamnya atau disebut clay soil. Tingkat kemiringan juga 20% kemungkinan kita akan diledakkan," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Bambang Hartadi saat ditemui di Jalan Lingkar Timur Cianjur Jawa Barat, Jumat (5/7/2013).

Namun Bambang tak menjelaskan lokasi persis lereng-lereng perbukitan mana saja yang akan diledakkan.

Jalan dengan panjang sekitar 48 Km ini akan menghubungkan Kawasan Sentul dan Taman Bunga, Cipanas Puncak Jawa Barat. Saat ini proses pengerjaan masih dalam tahap sesi 1 dan 2 baru sebatas pembebasan lahan dari Sentul ke Padang Golf Sentul.

"Kita sudah garap untuk sesi 1 dan 2 yaitu dari Sentul ke Golf sentul sekitar 18 Km. Baru tahap land clearing saja," katanya.

Bambang memastikan proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 400 miliar. Pemerintah pusat sudah mengucurkan hampir Rp 85 miliar untuk pengerjaan proyek awal dan pembebasan lahan.

"Untuk lahan sebagian besar dihibahkan dari pengembang ke Pemda Bupati Bogor. Kami berharap Pemda diberikan ke kita untuk kita bangun jalan. Tahun ini anggaran hanya Rp 40 miliar tahun lalu Rp 45 miliar. Ini baru 2 tahun anggaran diberikan. Nanti ada 2 lajur dan 2 arah. Lebar setiap jalur itu 3,5 meter belum termasuk bahu. Total biaya secara keseluruhan Rp 400 miliar," cetusnya.

Pembangunan jalan alternatif ini disumbang oleh Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto. Tommy menghibahkan sebagian tanah miliknya kepada pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Jawa Barat seluas 30 m x 4,5 Km di Kawasan Sentul Bogor. Rencana pembangunan jalan alternatif ke Puncak melewatii kawasan sirkuit Sentul-Babakan Madang-Hambalang- Sukmamakmur-Pacet Istana Cipanas.
(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut