detikfinance

2 Kereta Ekonomi AC 'KA Krakatau' Siap Tambah Angkutan Lebaran

Suhendra - detikfinance
Rabu, 10/07/2013 13:51 WIB
//images.detik.com/content/2013/07/10/4/keretainka.jpg
Jakarta -Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan 2 rangkaian Kereta Api Ekonomi AC (20 K3 dan 2 MP3) kepada PT KAI dalam rangka menambah armada Lebaran 2013. Dua rangkaian kereta ini diberi nama 'KA Krakatau' melayani lintas Merak-Madiun dan Madiun-Merak.

Demikian keterangan tertulis Ditjen Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Rabu (10/7/2013)

Kereta Kelas ekonomi AC ini produksi PT. INKA Madiun. Masing-masing rangkaian kereta api ekonomi AC 'KA Krakatau' yang akan diresmikan tersebut terdiri dari 10 unit kereta ekonomi AC (10 K3 AC) dan 1 (satu) kereta makan pembangkit (1 MP3 AC). Dalam 1 rangkaian kereta api ekonomi AC berkapasitas 768 tempat duduk dengan stamformasi 10 (sepuluh K3 AC dan 1 (satu) MP3 AC.

Dari 10 kereta tersebut, 8 kereta untuk penumpang biasa berkapasitas 80 tempat duduk/kereta dan 2 kereta dilengkapi fasilitas untuk penyandang ketunaan dan lansia kapaasitas 64 tempat duduk/kereta karena di desain untuk memudahkan akses bagi penyandang ketunaan dan lansia baik untuk akses ke dalam kereta maupun fasiitas toilet.

Dua rangkaian kereta api ekonomi (20 K3) yang akan diserahkan pengoperasiannya tersebut merupakan bagian dari pengadaan 50 kereta ekonomi AC ( 50K3 AC). Tiga rangkaian (30 K3 AC) telah diserahkan pengoperasiannya kepada PT.KAI pada massa angkutan lebaaran tahun 2012 lalu yaitu KA Menoreh melayani lintas Stasiun Pasarsenen - Semarang dan 2 rangkaian KA Majapahit I dan Majapahit II melayani lintas Pasar senen - Malang dan Malang Pasarsenen.

Pembiayaan pengadaannya 50 kereta ekonomi AC (K3AC) bersumber dari dana APBN Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebesar Rp 174 miliar.

Sejak tahun 2010 Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menetapkan standar pelayanan kereta kelas ekonomi dengan dilengkapi pendingin udara (air conditioning).

Untuk itu pada 3 September tahun 2010 untuk pertama kalinya pemerintah telah menyerahkan kereta api ekonomi AC 'Bogowonto' kepada PT.KAI untuk dioperasikan melayani lintas Stasiun Pasar Senin Jakarta-Yogyakarta, pada tanggal tanggal 24 Agustus 2011 telah menyerahkan pengoperasian Kereta ekonomi AC 'Gajah Wong' melayani lintas Stasiun Pasar Senin Jakarta-Lempuyangan Yogyakarta.

Selain itu, pada 24 Agustus 2012 telah diserahkan KA Menoreh melayani lintas Stasiun Pasarsenen - Semarang dan 2 (dua) rangkaian KA Majapahit I dan Majapahit II melayani lintas Pasar senen Jakarta-Malang dan Malang-Pasar Senen.
(hen/dnl)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Minggu, 21/12/2014 18:22 WIB
    Dari Tukang Kompor, Kamadjaya Jadi Bos Gula
    Presiden Direktur PT Gendhis Multi Manis Kamadjaya salah satu pengusaha gula yang mencoba berpikir di luar kebiasaan. Justru hal tersebut yang membawanya sukses.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut