detikfinance

DPR: OJK Harus Buat Daftar Perusahaan Investasi yang Tak Berizin

Herdaru Purnomo - detikfinance
Selasa, 23/07/2013 15:14 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/07/23/5/151057_oyk.jpeg
Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta pro aktif menelusuri setiap investasi yang tidak terdaftar. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang tertipu akibat ulah oknum-oknum yang menjanjikan investasi.

OJK juga harus memiliki daftar investasi yang tidak berizin agar masyarakat mengetahui secara jelas.

"OJK mempunyai kemampuan untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan. OJK punya intel khusus sebenarnya. Itu harus dioptimalkan," ungkap Anggota Komisi XI DPR Arif Budimanta kepada detikFinance, Selasa (23/7/2013).

"OJK harus menyusur ke lapangan jangan cuma bisanya nunggu aduan saja. Jadi OJK itu nantinya harus memiliki daftar perusahaan investasi yang tak berizin," imbuh Politisi PDIP ini.

Dijelaskan Arif, pihaknya menyesalkan masih banyak masyarakat yang terkena penipuan investasi. Hal ini diakibatkan tidak adanya sosialiasi dan edukasi OJK.

"Serta tidak jelas mana-mana saja perusahaan investasi yang legal dan tidak," tegas Arif.

OJK sendiri mengaku tidak menyediakan secara khusus daftar nama-nama perusahaan investasi ilegal.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, secara khusus pihaknya tidak menyediakan daftar nama-nama perusahaan investasi ilegal. Menurutnya, pihak OJK tidak bisa serta-merta mendata sebuah perusahaan untuk dimasukkan ke dalam daftar perusahaan investasi ilegal.
(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut