detikfinance

Jalur Ganda Kereta Api Jakarta-Surabaya Rampung Akhir Tahun Ini

Zulfi Suhendra - detikfinance
Selasa, 23/07/2013 21:02 WIB
Jalur Ganda Kereta Api Jakarta-Surabaya Rampung Akhir Tahun Ini
Jakarta -Pemerintah menargetkan jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya rampung akhir tahun ini, kini konstruksinya sudah 80%. Rencananya 20% pengendara angkutan darat akan berpindah ke kereta api jika jalur ganda ini sudah beroperasi.

"Jakarta Surabaya kita targetkan selesai 31 Desember 2013, akhir tahun ini," kata Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono saat ditemui di acara ramah tamah dan acara Buka Puasa Bersama Kementerian Perhubungan, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (23/7/2013).

Ia mengatakan, angka 20% tersebut didapat dari survei yang telah dilakukan terhadap 12 ribu rumah tangga. Jika ada angka yang cukup signifikan dari perpindahan transportasi tersebut, hampir dapat dipastikan, kecelakaan yang terjadi di darat dapat dikurangi.

"Saya kira kalau ada rangkaian kereta api yang cukup orang akan pindah ke kereta api. Survei dilakukan ke 12 ribu rumah tangga dan kecenderungannya naik kereta api," katanya.

Jika pada saat musim mudik Lebaran, pergerakan pemudik bisa sangat signifikan akan berpindah ke kereta api. Mengingat tujuan pemudik didominasi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jika jalur ganda telah selesai, menurut Bambang pergerakan penumpang kereta akan meningkat 2-3 kali lipat.

Bambang mengungkapkan, Jalur Ganda Jakarta Semarang yang saat ini masih terkendala pembebasan lahan di sejumlah kawasan khususnya daerah Cirebon-Brebes.

"Jakarta semarang justru kita targetnya operasikan full Lebaran ini. Ternyata karena beberapa ruas terkendala pembebasan lahan, jadi terhambat. Tapi kira-kira Oktober ini sudah selesai," katanya.

Bambang mengungkapkan, keseluruhan total investasi yang dikeluarkan untuk membangun perlintasan kereta api jaluir ganda tersebut sebesar Rp 9,7 triliun.

(zul/hen)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut