detikfinance

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Bandung Sudah Merosot

Baban Gandapurnama - detikfinance
Senin, 29/07/2013 09:54 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/07/29/4/095606_saphi2.jpg
Bandung -Jelang lebaran Idul Fitri 2013, harga komoditas daging sapi di Kota Bandung sudah kembali merosot alias turun. Harga daging sapi di pasar tradisional sempat tak terkendali dengan menembus angka Rp 100 ribu per kilogram.

"Sejak sepekan lalu harga daging sapi di Bandung mulai turun," kata salah satu pedagang di Pasar Induk Caringin Kota Bandung, Ahmad Nurjaman (36).

Ahmad menyampaikannya saat ditemui detikFinance di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang, Jalan Kopo, Kota Bandung, Senin (29/7/2013). Pria tersebut menjual daging sapi impor jenis sapi Brahman Cross (BX).

Pebisnis daging sapi ini mengaku girang dengan kondisi harga sapi saat ini. Sewaktu harga sapi melonjak tinggi, pria akrab disap Haji Totong ini menjual daging sapi BX kepada konsumen dengan banderol Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram. Bahkan di beberapa pasar tradisional di Bandung, selisih angkanya bisa lebih.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar pernah menyebutkan harga daging sapi termahal di Jabar itu berada di wilayah Kota Bandung. Tercatat harga daging sapi meroket hingga Rp 105 ribu per kilogram. Melambungnya daging sapi di Bandung beberapa waktu lalu itu disebut tertinggi dibandingkan lima kota lainnya di Jabar yakni Depok, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Cirebon.

"Kalau sekarang, paha sapi belakang saya jual 80 ribu rupiah per kilogram. Kalau paha depan harganya 73 hingga 75 ribu rupiah per kilogram," ungkap Ahmad yang sejak 2003 melakoni bisnis daging sapi di Pasar Caringin.

Daging sapi dijual Ahmad di Pasar Caringin ini biasanya didistribusikan kembali oleh pedagang lainnya serta pengecer ke pasar-pasar tradisional di Bandung Raya seperti Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.Next

Halaman 12
(bbn/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut