Monorel DKI Tak Dibangun Oktober 2013, Izin Jakarta Monorail Bakal Dicabut

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Jumat, 09/08/2013 12:01 WIB
//images.detik.com/content/2013/08/09/4/monorel4.jpg Foto: Contoh Monorel DKI (dok.detikFinance)
Jakarta -Pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta telah memberikan izin resmi kepada PT Jakarta Monorail untuk membangun monorel Jakarta, dengan membangun kembali tiang-tiang yang telah lama terbengkalai. Jakarta Monorail diberi waktu untuk memulai proyek pada Oktober 2013.

Rute monorel yang akan dibangun ini adalah rute green line dan blue line. Proyek ini harus dimulai pada Oktober 2013.

"Itu akan groundbreaking bulan Oktober untuk tahap 1," ucap Deputi Bidang Prasarana dan Sarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy Supriyatna di Jakarta seperti dikutip Jumat (9/8/2013).

Pembangunan monorel ini murni dikembangkan oleh investor swasta. Tidak ada sumber pendanaan dari pemerintah daerah dan pusat. Namun pihak investor dan kontraktor wajib mendiskusikan besaran tiket dengan Pemprov DKI.

Dedy menjelaskan, untuk rute green line pengembangan akan dimulai tahun ini dan selesai tahun 2016, sementara jalur blue line dimulai tahun 2014 dan selesai tahun 2018.

"Tahap I, untuk green line memerlukan investasi Rp 5,5 triliun, dan blue line sampai Rp 4,5 trilun. Itu totalnya Rp 10 triliun," tambahnya.

Bila Oktober 2013 proyek monorel yang dikembangkan oleh Jakarta Monorail ini tidak dimulai-mulai, pemerintah akan mencabut izin penugasan kepada Jakarta Monorail.

"Oktober nggak jadi berarti batal. Itu batas akhir bulan September, itu serahkan kelengkapan dokumen dari Jakarta Monorail. Kalau nggak dimulai, dicabut izinnya," tegas Dedy.

Mau tahu rute mana saja yang akan dilalui oleh monorel ini? Klik di sini.
(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut