detikfinance

14% Jalur Rel Ganda Kereta Semarang-Bojonegoro Terkendala Pembebasan Lahan

Angling Adhitya Purbaya - detikfinance
Rabu, 28/08/2013 12:42 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/08/28/4/124447_rel320.jpg
Demak -Hari ini pengerjaan jalur rel ganda kereta Semarang-Bojonegoro sepanjang 27 Km sudah rampung. Selesainya pengerjaan ini menandakan 86% dari total 180 Km jalur ganda Semarang-Bojonegoro selesai, namun masih menyisakan 14% lahannya belum bebas.

"Pembebasan lahan di empat titik yaitu di Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Bojonegoro dan Kota Semarang," kata Kepala Satker Pengembangan Jalur Ganda Perkeretaapian Jawa Tengah, Hendy Siswanto di Stasiun Brumbung, Demak, Rabu (28/8/2013).

Untuk daerah Gubug, Grobogan ke arah Timur, lanjut Hendy, sudah masuk tahap negosiasi kedua. Namun di daerah Semarang sendiri masih terkendala dua rumah di kawasan kemijen.

"Di Semarang ada total 54 rumah dan sekarang tinggal dua. Minta harganya Rp 10 juta per meter. Targetnya tetap 2014 dioperasikan," tegas Hendy.

Sebanyak 1.400 pekerja bergotong royong melakukan switchover atau mengaktifkan rel baru ke jalur ganda dari Stasiun Alastuwo Semarang hingga Stasiun Gubug, Grobogan sepanjang 27 Km. Mereka memindahkan rel lama karena mulai hari ini, Rabu (28/8/2013) double track di daerah tersebut sudah mulai dioperasikan.

Ia mengatakan pelaksanaan switchover hari ini dilakukan di empat stasiun yaitu Alastuwo Semarang, Brumbung Demak, Tegowanu Grobogan, Gubug Grobogan.

"Mengerahkan 1.400 pekerja sipil dan persinyalan. Kami diberikan waktu 2,5 jam untuk pelaksanaan ini (switchover)," kata Hendy.

Proses Switch Over, salahsatunya dilakukan dengan menarik rel lama oleh puluhan orang. Sesuai aba-aba dari mandor, mereka menarik tali tambang yang dililitkan pada rel hingga bergeser. Sementara itu Kereta pertama yang akan melalui double track sepanjang 27 Km itu adalah KA Argo Anggrek Surabaya-Jakarta.

"Yang pertama KA Argo Anggrek Surabaya-Jakarta 11.35. Proses Switchover tidak mengganggu jadwal keberangkatan kereta," imbuh Humas Daops IV Sapto Hartoyo.
(alg/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru Index »


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut