detikfinance

Suswono: Saya Heran Kenapa Harga Daging Masih Tinggi?

Wiji Nurhayat - detikfinance
Senin, 16/12/2013 13:20 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/12/16/4/dagingsapi.jpg
Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Suswono heran dengan fakta harga daging sapi masih tetap tinggi. Misalnya harga daging sapi di pasar tradisional Jakarta masih Rp 95.000/Kg.

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2014, harga daging sapi diprediksi akan meningkat terdongkrak kenaikan harga daging karkas (daging dan tulang) yang sudah naik Rp 3.000/kg.

"Saya masih heran kenapa harga daging masih tinggi," ungkap Suswono saat ditemui usai melantik pejabat baru eselon I Kementerian Pertanian di Gedung Kementerian Pertanian Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2013).

Menurut Suswono, padahal pemerintah sudah membuka impor sapi hidup siap potong maupun sapi bakalan tanpa batas. Pembebasan kuota impor sapi sudah sesuai dengan Permendag Nomor 46/M-DAG/KEP/8/2013 Tentang Ketentuan Impor dan Ekspor Hewan serta Produk Hewan

Dalam ketentuan tersebut, mekanisme buka tutup impor sapi bakalan maupun sapi siap potong menggunakan harga referensi (harga patokan) yaitu Rp 76.000/kg dan tidak akan menerapkan sistem kuota. Artinya apabila harga daging di pasar sudah di bawah Rp 76.000/Kg maka impor distop, begitu juga sebaliknya.

"Untuk harga daging yang masih tinggi, sebenarnya sekarang kan sudah terbuka impornya," imbuhnya.

Ia menyerahkan solusi masalah ini kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Pihak Kemendag dinilai lebih tahu alasan mengapa harga daging masih tetap tinggi.

"Nah ini menurut kami, perdagangan yang akan memantau lebih detil. Intinya saat ini tidak ada hambatan di Kementan dalam arti selama ini memang tidak ada hambatan cuma waktu itu disepakati dengan kuota tetapi saat ini tidak lagi dengan tujuan menurunkan harga. Kita harap bulan ini bisa turun," cetusnya.

(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut