detikfinance

BPJS Diluncurkan, Bagaimana Cara Masyarakat Bisa Berobat Gratis?

Herdaru Purnomo - detikfinance
Selasa, 31/12/2013 14:10 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2013/12/31/5/askes.jpeg
Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi meluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Setiap masyarakat tak terkecuali nantinya mendapat pengobatan gratis dari pemerintah.

Bagaimana caranya?

Berikut penjelasan BPJS Kesehatan seperti dikutip detikFinance, Selasa (31/12/2013) dari Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Pertama-tama harus diketahui program jaminan kesehatan nasional (JKN) ini aktif dimulai per 1 Januari 2014. Masyarakat bisa berobat gratis jika membayar iuran ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam hal ini Askes yang telah bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan.

Haruskah membayar iuran tersebut?

Sebenarnya terdapat tiga cara seseorang bisa menjadi peserta JKN. Pertama yakni pekerja yang telah didaftarkan oleh perusahaan, mendaftarkan sendiri secara individu atau kelompok dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Bagi masyarakat miskin otomatis menjadi peserta melalui PBI tersebut.

Mudahnya, jika seseorang bekerja dalam sebuah perusahaan maka otomatis sesuai UU maka perusahaan wajib mendaftarkan para karyawannya di BPJS Kesehatan. Setelah didaftarkan nantinya pekerja akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan.Next

Halaman 12
(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut