Pungutan OJK Bisa Dicicil Pembayarannya, Ini Daftar Rinciannya

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Jumat, 14/03/2014 14:22 WIB
Pungutan OJK Bisa Dicicil Pembayarannya, Ini Daftar Rinciannya
Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai memberlakukan pungutan kepada industri jasa keuangan per 1 Maret 2014. Seluruh industri keuangan baik pasar modal, perbankan, dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) ditarik pungutan yang besarannya tergantung dari jenis usahanya masing-masing. Pungutan OJK ini bisa diangsur alias dicicil sebanyak 4 kali dalam setahun.

Berdasarkan data yang dihimpun detikFinance, Jumat (14/3/2014), biaya atau pungutan tahunan yang ditarik OJK untuk masing-masing industri keuangan dengan tarif persentase wajib dibayar dan bisa dicicil dalam 4 tahap paling lambat tanggal 15 setiap bulan April, Juli, Oktober, dan tanggal 31 Desember pada tahun berjalan.

Masing-masing tahap sebesar 25% dari kewajiban biaya tahunan selama setahun dan dihitung secara self assesment berdasarkan laporan keuangan tahunan tahun sebelumnya yang telah diaudit.

Biaya tahunan dengan tarif normal tertentu wajib dibayar paling lambat tanggal 15 Juni pada tahun berjalan.

Industri jasa keuangan wajib membayar pungutan kepada OJK. Penerimaaan pungutan tahun berjalan akan digunakan untuk anggaran tahun berikutnya. Nantinya, kelebihan pungutan disetor ke kas negara.

Jenis pungutan yang berlaku pada OJK meliputi biaya perizinan, persetujuan, pendaftaran, pengesahan, dan penelaahaan atas rencana aksi korporasi (biaya registrasi), dan biaya tahunan dalam rangka pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penelitian.

Urutan acuan laporan keuangan sebagai dasar perhitungan biaya tahunan yaitu laporan keuangan yang telah diaudit, laporan keuangan yang tidak diaudit, atau buku, catatan, atau dokume lain.

Dalam hal laporan keuangan tahun sebelumnya tidak tersedia, kewajiban biaya tahunan pada setiap tahap mengacu pada laporan keuangan tahunan terakhir yang tersedia.

Biaya tahunan dihitung kembali berdasarkan laporan keuangan tahunan tahun bersangkutan yang telah diaudit. Kurang atau lebih akan diperhitungkan pada pembayaran tahap terdekat berikutnya.

Kewajiban biaya tahunan dimulai sejak industri jasa keuangan memperoleh perizinan, persetujuan, pendaftaran, dan pengesahan, dan berakhir setelah perizinan, persetujuan, pendaftaran, dan pengesahan dicabut, dibatalkan, dibubarkan, atau perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup.

Industri jasa keuangan yang kewajiban biaya tahunannya tidak setahun penuh, dihitung secara proporsional bulanan dengan bagian bulan dihitung secara harian.

(drk/dru)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • CEO Arianespace: Peluncuran Satelit BRI dan Rekor Baru Selasa, 21/06/2016 06:52 WIB
    Wawancara Khusus CEO Arianespace
    CEO Arianespace: Peluncuran Satelit BRI dan Rekor Baru
    BRI mengukir sejarah baru perbankan dunia, menjadi bank yang memiliki satelit pertama di dunia. Peluncuran satelit bernama BRIsat ini dibantu oleh Arianespace.
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close