detikfinance

Begini Cara REI DKI Jakarta Hadapi Persaingan MEA

Dana Aditiasari - detikfinance
Sabtu, 13/02/2016 18:00 WIB
Begini Cara REI DKI Jakarta Hadapi Persaingan MEA
Jakarta -Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah mulai diberlakukan sejak akhir 2015 lalu. Persaingan dunia usaha pun semakin ketat lantaran saingan yang harus dihadapi tak lagi hanya sesama pengusaha dalam negeri, tetapi juga pengusaha dari negara lain.

Menghadapi tantangan tersebut, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Realestat Indonesia (REI) DKI Jakarta selaku wadah pengusaha pengembang perumahan dan properti, terus berbenah diri.

Ketua DPD REI DKI Jakarta, Amran Nukman mengatakan, dari hasil pembenahan dan perbaikan tersebut, DPD REI DKI berhasil mengantongi sertifikasi manajemen mutu, ISO 9001-2008 mengenai Realestat Manajemen akhir tahun lalu.

"Sertifikasi ISO menjadi salah satu upaya REI mewujudkan tata kelola organisasi modern menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sertifikat ISO juga dijadikan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan yang cepat dan efektif kepada anggota REI dan masyarakat, sesuai misi organisasi," paparnya di sela acara Indonesia Property Expo 2016 di JCC, Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Untuk memperoleh pengakuan tersebut, DPD REI DKI Jakarta harus melalui tahap audit yang dilakukan oleh TUV Rheinland, sebuah badan sertifikasi internasional yang berpusat di Jerman.

"Untuk memperoleh sertifikasi tidak mudah, karena harus benar-benar adanya komitmen bersama dari pimpinan hingga staf yang berhadapan langsung dalam memberikan pelayanan," kata dia.

Sebagai informasi, ISO 9001- 2008 adalah standar internasional yang diakui dunia untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM), di mana adanya standar pelayanan kepada perusahaan anggota organisasi, mulai dari proses pendaftaran, daftar ulang maupun pemberian informasi bagi anggota organisasi.

ISO memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas organisasi atau pun perusahaan yang ingin bersaing secara global.

Organisasi atau pun perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dan kredibilitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait.

Ia berharap, dengan diperolehnya pengakuan ini bukan berarti DPD REI DKI Jakarta bisa tenang dan menurunkan kinerjanya. "Justru harus meningkat terus," pungkas dia.

(dna/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close