Follow detikFinance
Minggu 08 Oct 2017, 13:33 WIB

Berawal Bantu Suami, Wanita Ini Sukses Bisnis Jamu Rasa Kopi

Muhammad Idris - detikFinance
Berawal Bantu Suami, Wanita Ini Sukses Bisnis Jamu Rasa Kopi Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - Rasanya yang terasa pahit, membuat banyak orang menghindari konsumsi jamu. Namun keengganan orang meminum jamu karena rasa tersebut, ditangkap sebagai peluang bisnis untuk membuat produk 'jamu rasa kopi'.

Meski sekilas terlihat aneh, nyatanya produk jamu dengan merk Pusaka ini cukup laris di pasaran. Suci, sang pemilik, mengaku bisa mengantongi omzet hingga Rp 40 juta dalam sebulan dari berjualan jamu rasa kopi tersebut.

"Saya melihat banyak orang enggak suka jamu karena rasanya pahit dan bau. Padahal jamu itu sangat menyehatkan, makanya saya coba buat bagaimana orang minum jamu tapi rasanya kopi yang enak. Kita UKM, masih kecil, omzet baru sampai Rp 40 juta per bulan," kata Suci kepada detikFinance, pekan lalu.

Berawal Bantu Suami, Wanita Ini Sukses Bisnis Jamu Rasa KopiFoto: Muhammad Idris - detikFinance

Suci yang sebelumnya bekerja sebagai agen properti ini bercerita, dirinya ingin membantu suaminya yang merupakan seorang terapist. Pada beberapa pasiennya, suaminya memberikan jamu herbal kepada para pasiennya untuk 'rawat jalan'.

"Suami saya kebetulan terapist. Banyak sembuhin orang dengan jamu, makanya saya lihat ini sebagai peluang pasar. Bagaimana kalau herbal yang biasanya dikasih terapist saya ganti dengan kopi yang aroma dan rasanya enak, jadi orang enak kalau minum jamu," ucap Suci.

Dengan mengandalkan pasokan kopi jenis arabica dari petani Jember, Suci memulai usaha membuat jamu rasa kopi dengan bantuan racikan bahan dari suaminya. Rupanya, tak hanya menyukai rasanya, banyak pasien suaminya merasa jamu rasa kopi tersebut sangat manjur untuk penyembuhan beberapa penyakit.

"Sekarang karena produksinya sudah besar, panggil ibu-ibu di sekitar rumah bantu proses produksi harian, saya juga mempekerjakan apoteker untuk pembuatannya. Karena banyak permintaan juga, sudah banyak dijual di Carrefour dan swalayan lain," tutur Suci.

Berawal Bantu Suami, Wanita Ini Sukses Bisnis Jamu Rasa KopiFoto: Muhammad Idris - detikFinance

Saat ini, dirinya memiliki 2 produk yakni Pusaka Coffee yang dijualnya seharga Rp 72.000, dan Pusaka Green Coffee seharga Rp 65.000 yang masing-masing berisi 15 sachet. Jamu rasa kopi tersebut sendiri untuk obat panas, imunitas, penyubur rahim, hingga vitalitas.

"Kan ada purwaceng di dalamnya, kemudian ada pasak bumi. Sekarang mulai kita jual banyak secara online. Pabrik kami ada di Depok," kata Suci yang memulai bisnisnya sejak tahun 2013 ini. (idr/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed