Follow detikFinance
Rabu 10 Jun 2015, 16:54 WIB

Kisah Sandiaga Uno, Serahkan Takhta Saratoga ke Cucu Pendiri Astra

Suhendra - detikFinance
Kisah Sandiaga Uno, Serahkan Takhta Saratoga ke Cucu Pendiri Astra Michael Soeryadjaya, Foto:Saratoga
Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui pengunduran diri Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), dan mengangkat Michael Soeryadjaya sebagai pengganti pucuk pimpinan di perusahaan investasi ini.

Michael, sebelumnya sebagai direktur pengembangan bisnis Saratoga. Ia merupakan anak dari Edwin Soeryadjaya atau cucu dari pendiri Astra International William Soeryadjaya. Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya merupakan pemegang saham dari PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

"Anak sulung (anak tertua) Pak Edwin Soeryadjaya dan otomatis cucu Om William," kata Sandiaga Uno kepada detikFinance, Rabu (10/6/2015)

Sandi bercerita soal awal karir Michael di Saratoga. Ia memohon langsung ke Edwin Soeryadjaya untuk memanggil Michael dari Shanghai pada 2010.

"Saya lihat potensi dia bukan sebagai anak partner dan pemilik tapi dia memiliki intuisi bisnis yang tajam seperti Bapaknya," jelas Sandiaga.

Sandiaga menilai sosok Michael sangat konservatif, sehingga cocok untuk perusahaan investasi aktif seperti Saratoga. "Setelah 3 tahun mementori Michael, sama seperti saya dimentori Om William, kami angkat Michael menjadi direksi," jelas Sandiaga.

Ia menambahkan, setelah Saratoga melantai di bursa atau initial public offering (IPO) pada 2013, Sandi mulai menyiapkan Michael menjadi penggantinya di Saratoga.

"Alhamdulillah RUPS tadi memberi mandat untuk dia (Michael) pimpin Saratoga ke depan. Saya bangga dan bersyukur karena kunci kesuksesan CEO adalah bagaimana menyiapkan pengganti. Insya Allah," katanya.

Sebelumnya, Michael memberikan apresiasi atas keputusan Sandiaga Uno dan mengucapkan selamat dan terima kasih atas pencapaian Saratoga selama di bawah kepemimpinan Sandiaga.

"Saratoga siap menyongsong era baru dan terus memperkuat posisinya sebagai perusahaan investasi aktif dan terus berusaha menciptakan nilai tambah yang optimal bagi pemangku kepentingan," kata Michael.

Sandi melepas berbagai jabatan di beberapa perusahaannya termasuk Saratoga, karena ingin fokus pada tugas barunya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pimpinan Prabowo Subianto.

(hen/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed