Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 00:00 WIB

Bahtera Seva I, Bank Terapung yang Layani Warga Kepulauan Seribu

Advertorial - detikFinance
Teras BRI Kapal Bahtera Seva I (Foto: Pradita Utama/detikcom) Teras BRI Kapal Bahtera Seva I (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Kepulauan Seribu -

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk terus berupaya memberikan peran dalam meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan di seluruh Tanah Air. Selain itu, Bank BRI terus berkomitmen mengedukasi pelayanan keuangan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Maka pada 2015 lalu, Bank BRI meluncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva sebagai salah satu bentuk financial inclusion BRI yang berfungsi untuk mendekatkan akses dan sarana layanan perbankan kepada masyarakat Indonesia. Khususnya bagi masyarakat di wilayah kepulauan dan pesisir yang masih sulit atau belum mendapatkan akses terhadap layanan perbankan.

Kapal Bahtera Seva I dihadirkan untuk melayani masyarakat Kepulauan Seribu. Jika dahulu masyarakat sulit mendapatkan layanan perbankan, kini mereka terbantu akan kehadiran Bahtera Seva.

Salah satu warga Pulau Pramuka, Suryati, mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur atas kehadiran Kapal Bahtera Seva I. Apalagi ia juga memiliki usaha toko kelontong yang menjual berbagai alat tulis dan sembako untuk kebutuhan warga.

"Jadi sekarang nggak perlu lagi ke darat untuk menabung. Mau transfer untuk beli alat-alat tulis juga tinggal transfer ke darat, sekarang kan canggih. Kita dikasih tau ada barang apa aja via WhatsApp. Kita pilih barang apa aja, terus transfer, titip ke kapal barang, diantar ke sini. Nggak perlu buang waktu dan ongkos ke darat," ujarnya.

Bahtera Seva I, Bank Terapung yang Layani Warga Kepulauan SeribuWarga Kepualuan Seribu mendapatkan layanan perbankan di Teras BRI Kapal Bahtera Seva I (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Selama lima hari setiap minggunya, Bahtera Seva I berkeliling ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Rute yang ditempuh dimulai dari Pulau Pramuka pada Senin, Pulau Panggang pada Selasa, Pulau Kepala dan Pulau Harapan pada Rabu, Pulau Tidung pada Kamis, dan Pulau Untung Jawa pada Jumat. Setiap harinya, Bahtera Seva melayani masyarakat dari pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

Adapun layanan yang diberikan oleh Bahtera Seva I antara lain pelayanan rekening simpanan, pinjaman, transaksi penarikan dan setoran tunai maupun nontunai, pelayanan registrasi e-banking, kartu BRI, hingga pembayaran listrik, telepon, pulsa, dan cicilan. Kapal ini turut dilengkapi mesin ATM dan EDC untuk melayani segala kebutuhan masyarakat.

Tak hanya menabung dan melakukan transfer, warga Kepulauan Seribu juga terbantu dengan layanan pinjaman yang dihadirkan oleh Teras BRI Kapal Bahtera Seva I. Seperti yang dialami oleh Ruslan, nelayan tembak di Pulau Panggang. Ia mengaku terbantu dengan adanya Kapal BRI dan layanan KUR bagi para nelayan dan pelaku usaha lainnya.

Sebelum ada Teras BRI Kapal Bahtera Seva I, Ruslan mengaku hanya bisa mengandalkan arisan untuk menambah modal usaha.

"Dulu sebelum ada BRI banyak orang sini main arisan, minimal paling besar main arisan dapatnya Rp 5 juta paling besar. Paling cukupnya cuma buat makan. Kalau pakai pinjaman BRI bisa usaha. Sekarang orang di sini bisa punya usaha kan berkat BRI," katanya.

Bahtera Seva I, Bank Terapung yang Layani Warga Kepulauan SeribuTeras BRI Kapal Bahtera Seva I menyediakan mesin ATM (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Dengan menggunakan jaringan komunikasi VSAT Gyro yang reliable, operasional Teras BRI Kapal Bahtera Seva I tetap bisa beroperasi dengan baik walaupun sedang berlayar ataupun bersandar.

Operasional Teras BRI Kapal Bahtera Seva I juga tak lepas dari bantuan personil kru BRI dan ABK Kapal. Pelayanan kegiatan operasional layanan perbankan di Bahtera Seva I turut dibantu oleh tenaga pemasar mikro atau biasa disebut mantri BRI, teller, dan customer service.

Asisten Manager Bisnis Mikro BRI, Purnomo Sidhi, mengungkapkan kehadiran Teras BRI Kapal Bahtera Seva I memang ditujukan untuk membantu perekonomian warga Kepulauan Seribu.

"Jadi sebenarnya tidak mengejar keuntungan semata. Kapal BRI ini hadir benar-benar untuk membantu warga Kepulauan Seribu yang sulit mengakses layanan perbankan. Di sini mereka bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus menyebrang ke darat. BRI satu-satunya bank yang hadir di Kepulauan Seribu," katanya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan kehadiran Kapal Bahtera Seva I memang menunjang aktivitas perekonomian di Kepulauan Seribu.

"BRI memang terkenal dengan banknya rakyat. Sekarang BRI sudah menjangkau Kepulauan Seribu dengan kapalnya. Saya pikir itu bagus sehingga orang di Kepulauan Seribu bisa mengakses perbankan. Masyarakat bisa menyimpan, transfer, dan mendapatkan pinjaman kaena aktivitas di Kepulauan Seribu sudah mulai bagus. Nelayan membawa hasil tangkapan dijual ke darat nggak perlu bawa uangnya, tapi bisa ditransfer," ujarnya.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com