Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Mar 2019 00:00 WIB

Alasan Investasi Emas Itu Penting: Lebih Untung, Aman & Rendah Risiko

Advertorial - detikFinance
Program Kilau Undian Emas persembahan Pegadaian dan Tokopedia (Foto: dok. Pegadaian) Program Kilau Undian Emas persembahan Pegadaian dan Tokopedia (Foto: dok. Pegadaian)
Jakarta -

Investasi merupakan istilah yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Kepentingan untuk berinvestasi akan semakin tinggi bagi orang-orang yang hidupnya cenderung bergantung pada gaji bulanan. Bahkan orang kaya sekalipun masih butuh berinvestasi guna melindungi aset miliknya dari kemungkinan penurunan akibat terjadinya inflasi.

Investasi juga merupakan bentuk perencanaan finansial, tanpa perencanaan yang baik maka seseorang akan sulit memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi setiap orang tentu memiliki berbagai tujuan keuangan yang ingin dicapai. Misalnya membeli rumah, kendaraan, travelling, bahkan membayar uang pendidikan anak bagi mereka yang telah berkeluarga. Hal tersebut membuat investasi begitu penting dan menjadi salah satu solusi untuk mencapai tujuan keuangan.

Tahukah kamu, salah satu produk investasi yang dikenal manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang adalah investasi emas? Emas yang dimaksud bukan berjenis perhiasan, melainkan logam mulia. Investasi emas dianggap lebih aman dan memberi keuntungan lebih menjanjikan. Lantas apa saja keuntungan berinvestasi emas? Yuk, simak ulasannya!

Harga Emas Cenderung Terus Naik

Lain hal dengan investasi saham yang bersifat fluktuatif dan berisiko tinggi, harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan diketahui harga emas telah meningkat sebanyak 18% pada Januari 2016 hingga Agustus 2016. Emas sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang karena harganya ditentukan oleh nilai dari emas itu sendiri dan harga pasar internasional.

Mudah Dicairkan

Ketika seseorang menjual emas untuk mendapatkan uang tunai akan lebih cepat karena emas memiliki likuiditas tinggi. Hal ini membedakan investasi emas dengan instrumen investasi lainnya. Bagi investor, likuiditas emas yang tinggi akan memudahkan bisnis ketika tiba-tiba harus membutuhkan uang tunai darurat.

Mudah Dipindahkan

Dibanding emas, uang tunai memiliki volume yang lebih besar. Hal ini akan menyulitkan ketika harus memindahkannya. Selain memiliki volume yang lebih kecil dari uang tunai, bentuk emas juga dapat diubah tanpa mempengaruhi nilai emas itu sendiri.

Misalnya ketika memiliki emas batangan, kamu dapat mengubahnya menjadi perhiasan tanpa mengurangi nilainya. Selain itu, memindahkan emas jauh lebih mudah dibanding memindahkan uang tunai ratusan juta rupiah.

Rendah Risiko

Berinvestasi uang di bank akan dikenakan biaya-biaya lain seperti biaya administrasi atau biaya perpindahan uang antar bank lain. Secara perlahan, biaya tambahan ini tentunya akan mengikis uang simpanan di bank. Hal ini tidak akan terjadi ketika berinvestasi emas.

Di Mana Tempat Terbaik untuk Memulai Investasi Emas?

Ketika sudah mengetahui berbagai keuntungan investasi emas, kamu akan berpikir untuk memulai berinvestasi emas. Sekarang memang banyak pilihan bagi kamu untuk memulai berinvestasi emas, tapi pastikan memilih tempat yang mudah, terjangkau, dan terpercaya.

Kini Tokopedia melalui Tokopedia Emas memungkinkan kamu untuk memulai cara baru menabung emas dengan mudah dan terjangkau. Tak berbeda dengan sistem investasi emas konvensional, konsumen juga bisa membeli, menabung, bahkan menjual emas yang dimiliki kapan saja dengan harga menguntungkan. Kelebihan dari Tokopedia Emas, kamu bisa membeli dan menjual emas dalam nominal yang paling rendah sekalipun minimum Rp 500.

Tokopedia Emas sendiri mulai diluncurkan pada 15 Januari 2018 lalu dan langsung menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berinvestasi emas. Selain harga terjangkau, harga jual lebih tinggi, aman, dan terpercaya. Tokopedia Emas juga akan mengkonversi emas menjadi bentuk fisik yang telah dititipkan di Pegadaian.

Ini merupakan bentuk kerja sama Pegadaian dengan Tokopedia karena merupakan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia. Selain itu, yang terpenting adalah kamu bisa memantau investasi emas kapan dan di mana saja karena mudah diakses dan tidak membuatmu repot.

Kenapa Harus Pilih Tokopedia Emas?

Pertanyaan ini pasti akan muncul di benakmu. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa kamu harus pilih Tokopedia Emas untuk memulai dan menjalankan investasi emas. Di Tokopedia Emas, selain memiliki berbagai keunggulan, ada juga Promo Kilau Undian Emas yang berlangsung hingga 30 April 2019 dan berlaku untuk semua pengguna Tokopedia Emas.

Tentunya ini memungkinkanmu mendapat keuntungan dan hadiah berlimpah, seperti berikut.

a. 1 unit mobil Mitsubishi Xpander Sport hitam/silver

b. 5 unit motor Yamaha FreeGo

c. 10 handphone Samsung Galaxy S9 Midnight Black

d. 10 LED TV LG 43 Inch

e. 10 kulkas Samsung

f. 5 MacBook Pro 13,3 inch Space Gray

g. Tabungan emas 12 pax masing-masing 10 gram

h. Tabungan emas 25 pax masing-masing 5 gram

i. Tabungan emas 40 pax masing-masing 2 gram.

Dengan berbagai hadiah yang melimpah tersebut, minimal transaksi yang bisa kamu lakukan untuk mendapat 1 kupon undian adalah Rp 100.000 bahkan jumlah token yang didapatkan berlaku kelipatan dari satu transaksi yang sama.

Untuk info lebih lanjut klik www.tokopedia.com/emas. Tokopedia Emas didukung oleh Pegadaian Tabungan Emas yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja mulai investasi emas kamu di Tokopedia Emas. Ayo nabung emas sekarang dan menangkan hadiahnya!

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed