Bank Jateng Sediakan Bus-Kereta Api untuk 3.570 Peserta Mudik Gratis

Advertorial - detikFinance
Jumat, 29 Apr 2022 00:00 WIB
adv_jateng
Foto: dok. Bank Jateng
Jakarta - Dalam rangka penyelenggaraan Mudik Lebaran Gratis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2022, Bank Jateng ikut serta berpartisipasi dengan memberikan fasilitas akomodasi untuk masyarakat. Hal tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya dalam meningkatkan corporate image serta brand awareness dari Bank Jateng.

Dengan estimasi jumlah total pemudik pada kegiatan ini sebanyak lebih kurang 6.870 orang, Bank Jateng memfasilitasi 65 unit bus dan 4 gerbong kereta api. Adapun 65 unit bus mudik yang disediakan terdiri dari 60 unit bus untuk rute Jakarta-Jawa Tengah, 3 unit bus rute Lampung-Jawa Tengah, dan 2 unit bus rute Medan-Jawa Tengah.

Selain itu, bantuan fasilitas 4 gerbong kereta api yang menggunakan Dana Sosial Bank Jateng dengan menunjuk PT Kereta Api Indonesia (Persero) ditujukan untuk rute Pasar Senen-Semarang Tawang.

"Bantuan fasilitas gerbong kereta api merupakan bantuan rutin Bank Jateng sejak tahun 2012," ungkap Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Sebagai informasi, pada tahun 2020-2021 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membatalkan penyelenggaraan Mudik Lebaran Gratis karena lantaran upaya penanganan Coronavirus Disease (COVID-19). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kegiatan dan kerumunan massa di area publik, sehingga Bank Jateng turut tidak mengadakan Mudik Lebaran Gratis selama 2 tahun terakhir.

Di tahun 2022, Presiden Joko Widodo pun memberikan lampu hijau dan memperbolehkan masyarakat melakukan mudik. Kendati demikian, aktivitas mudik tahun ini dilaksanakan secara terbatas, atau dengan armada yang sedikit.

"Mudik Lebaran Gratis tahun ini diperuntukkan khususnya untuk warga Jateng yang berada di Jakarta, Lampung dan Medan," tutur Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bantuan bus dan kereta api gratis ini sekaligus merupakan bentuk kepedulian Bank Jateng terhadap warga Jawa Tengah, Lampung dan Medan khususnya yang bekerja di sektor-sektor informal. Bantuan Adapun sasaran bantuan akomodasi gratis ini ditujukan untuk masyarakat dengan latar belakang ekonomi lemah seperti asisten rumah tangga, pedagang asongan, buruh bangunan, tukang ojek, dan sebagainya.

Dengan asumsi 65 bus dan 4 gerbong kereta api penuh menampung pemudik, bantuan yang diberikan Bank Jateng ini dapat meringankan biaya akomodasi untuk keperluan mudik ke kampung halaman bagi lebih kurang 3.570 pemudik

Selain meringankan biaya mudik, bantuan tersebut juga diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan pemasukan/peredaran uang ke Jawa Tengah, karena dengan tidak membeli tiket akomodasi mudik (gratis), pemudik dapat membelanjakan uang ongkos akomodasinya untuk keperluan yang lain di daerah masing-masing.

Sebanyak 65 bus mudik yang digunakan adalah kategori executive class, sedangkan gerbong kereta api dengan kategori premium yaitu 'Tawang Jaya Premium' yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi lebih kurang 3.570 pemudik.

Diketahui, pemberangkatan Mudik Lebaran Gratis Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 sudah dilakukan pada hari Kamis (28/4) dan Jumat (29/4) di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur dan Stasiun Pasar Senen Jakarta. Adapun jumlah bus yang tersedia pada Mudik Lebaran Gratis Pemprov Jateng tahun 2022 yaitu 10 bus dari Provinsi Jateng, 51 bus dari kabupaten atau kota di Jateng, 65 bus dari Bank Jateng serta 5 bus dari CSR swasta. (adv/adv)