Follow detikFinance
Selasa 06 Jan 2015, 12:25 WIB

PNS dan Pejabat PU Wajib Pakai Seragam Kerja Ala Jokowi

- detikFinance
PNS dan Pejabat PU Wajib Pakai Seragam Kerja Ala Jokowi
Jakarta -

Mulai 2015, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah pimpinan Basuki Hadimuljono mewajibkan seragam kemeja putih kepada seluruh pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kementerian PUPR. Selama ini masing-masing unit di lingkungan PUPR ada yang memiliki seragam sendiri.

"Pemberlakuan penggunaan seragam kemeja putih sesuai dengan Surat Edaran Menteri PUPR tentang Penyeragaman Pakaian Kerja di lingkungan PUPR No.11/SE/M/2014. Pemakaian seragam berlaku per 1 Januari 2015," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Djoko Mursito, dikutip dari situs resmi PUPR, Selasa (6/1/2015).

Kemeja putih jadi seragam dan pakaian resmi kerja Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Seragam kemeja putih dipakai kompak jajaran saat Presiden Jokowi mengumumkan jajaran Kabinet Kerja beberapa waktu lalu.

Dalam surat edaran, pengaturan penggunaan pakaian antara lain baju putih-celana/rok biru gelap atau mendekati hitam digunakan setiap Hari Senin-Kamis, dan Baju Batik – celana/ rok bebas digunakan setiap Hari Jumat, dan sepatu wanita model pantofel tertutup.

Dari beberapa referesnsi, warna putih merupakan warna kemurnian dan merupakan campuran antara gelombang warna alami, yakni merah, biru, dan kuning. Putih menyimbolkan kemurnian, ketidakberdosaan, dan kesucian. Selain itu, warna ini juga menyimbolkan permulaan baru dan kelahiran kembali. Lalu, putih juga merupakan simbol kesempurnaan, kebanggaan, kebaikan, dan keabadian.

Secara psikologis, warna putih dapat mendorong kesucian jiwa, menyingkirkan kekacauan atau hambatan, membangkitkan kemurnian pikiran dan tindakan, serta menstimulasi sebuah permulaan baru.

Kebijakan ini mendapat respons positif para PNS PUPR, antara lain Leni, PNS yang bekerja di bagian Sekjen ini mengatakan ketentuan seragam akan menyeragami pejabat dan pegawai di lingkungan PUPR. Dengan begitu pakaian pegawai tidak akan terlihat mencolok antara yang satu dengan yang lain.

Kebijakan serupa juga diterapkan di kantor Kementerian Keuangan, namun hanya berlaku setiap hari Senin.

(hen/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed