Follow detikFinance
Rabu 11 Jan 2017, 18:14 WIB

Mentan: Thailand dan Vietnam Heran RI Tak Impor Beras Tahun Lalu

Muhammad Idris - detikFinance
Mentan: Thailand dan Vietnam Heran RI Tak Impor Beras Tahun Lalu Foto: Yulida Medistiara
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengklaim sudah tak ada lagi impor beras di tahun 2016. Menurutnya, pencapaian tersebut tak lepas dari upaya-upaya peningkatan produksi gabah seperti penambahan luas tanam, perbaikan irigasi, dan bantuan besar-besaran alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Menurut Amran, keputusan pemerintah untuk tak lagi mengimpor beras di tahun lalu itu membuat beberapa negara pemasok beras untuk Indonesia keheranan.

"Saya ketemu delegasi Vietnam dan Thailand, mereka heran, apa yang dilakukan Indonesia kok tiba-tiba nggak impor. Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Pakistan, selama ini jadi langganan negara yang ekspor (beras) ke Indonesia," ucap Amran saat kunjungan kerjanya di Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/1/2017).

"Setiap tahun impor, tapi tahun lalu nggak impor, absen di 2016. Kita nggak impor beras lagi setelah 32 tahun. Bawang sudah nggak impor, jagung impornya turun 66%, sangat ekstrem, itu capaian tertinggi selama republik ini merdeka," tandas Amran menegaskan.

Menteri asal Bone, Sulawesi Selatan ini mengklaim, mengurus pertanian tak selesai jika hanya duduk saja di belakang meja.

"Kebijakan bagaimana bisa tepat kalau nggak tahu lapangan. Sekarang buktinya 80% kebijakan pertanian sudah tepat, karena kita lihat apa yang terjadi di lapangan," tandas Amran. (idr/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed