Follow detikFinance
Jumat 17 Feb 2017, 07:33 WIB

Menteri PUPR: Sudah Ada Cipali, Tapi Truk Masih Lewat Pantura

Muhammad Idris - detikFinance
Menteri PUPR: Sudah Ada Cipali, Tapi Truk Masih Lewat Pantura Foto: Muhammad Idris
Semarang - Sejak pertengahan 2015 lalu, tol Cikampek-Palimanan (Cipali) diresmikan. Lewat jalan tol ini, Jakarta-Brebes langsung terhubung. Keberadaan tol ini diharapkan bisa membuat truk dan kendaraan besar lainnya yang sebelumnya melintas di Jalur Pantura Jawa Barat beralih ke tol.

Namun demikian, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuldjono, jalan tol ini tak membuat truk beralih dari jalur Pantura.

"Ini ternyata, dengan Cipali ini truk belum mau pindah ke sana. Yang pindah ke tol baru mobil-mobil kecil sehingga beban-beban masih di Pantura. Ini bukan excuse atau kami alasan. Namun Bapak-bapak kan bisa melihat sendiri," ujar Basuki di sela-sela kunjungan kerjanya ke Semarang, Kamis (16/7/2017).

Kondisi tersebut, kata dia, membuat Jalan Pantura masih rawan rusak. Padahal keberadaan jalan tol tersebut diharapkan bisa mengurangi beban perawatan Jalan Pantura.

Menteri PUPR: Sudah Ada Cipali, Tapi Truk Masih Lewat PanturaFoto: Muhammad Idris - detikFinance


"Kalau dulu desainnya 70% truk akan pindah. Ternyata tidak. Sehingga kami melihat metode pemeliharaan akan dilihat tadi," ungkap Basuki.

Menurutnya, ada wacana yang nantinya bisa mewajibkan kendaraan besar harus masuk tol jika memang dimungkinkan.

"Tadi kami berpikir, bisa enggak kami memaksa atau meregulasi itu. Paling akan saya coba dengan Menteri Perhubungan. Ada 3 alternatif, truk bisa naik kapal, naik kereta api, atau masuk tol," pungkas Basuki. (idr/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed