Follow detikFinance
Jumat 17 Feb 2017, 19:15 WIB

Tumben Menkeu Blusukan ke Jalan Tol, Ini Kata Sri Mulyani

Muhammad Idris - detikFinance
Tumben Menkeu Blusukan ke Jalan Tol, Ini Kata Sri Mulyani Foto: Muhammad Idris
Kudus - Jadwal Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, cukup padat. Bukan di kantor, Istana Negara, hotel, maupun gedung DPR, melainkan adalah di proyek Tol Semarang-Solo dan Waduk Logung yang terletak di Kabupaten Kudus.

Kegiatan ini dipastikan bukan liburan, akan tetapi pengecekan proyek. Sri Mulyani datang bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Mantan petinggi Bank Dunia tersebut mengakui, jarang sekali Menteri Keuangan ikut terlibat blusukan ke proyek infrastruktur. Maklum saja, duduk di belakang meja adalah hal paling lazim dilakukan oleh Bendahara Umum Negara.

"Sebagai Menkeu jarang kita melihat langsung proyek," kata Sri Mulyani, saat blusukan ke bagian seksi III Bawen-Salatiga, Kudus, Jumat (17/2/2017).

"Tapi ini sangat penting untuk kita bisa memahami urgensi dari pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia dan peranan dari APBN dalam mendukung pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Menkeu Sri Mulyani Blusukan Menkeu Sri Mulyani Blusukan Foto: Muhammad Idris
Dalam dua tahun terakhir, pemerintah memang sangat gencar dalam pembangunan infrastruktur. Terlihat pada porsinya yang naik drastis dalam APBN dibandingkan sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Khusus pada Tol Semarang-Solo, Sri Mulyani menjelaskan, proyek itu tidak seluruhnya berasal dari APBN. Peran APBN terlihat pada berbagai macam fasilitas yang dibutuhkan oleh badan usaha.

"Kekuatan badan usaha mereka mampu untuk membawa pendanaan lebih dini dan pemerintah bisa memberikan penjaminan. Ini merupakan bentuk kerja sama dengan badan usaha yang baik," papar Sri Mulyani.
Menkeu Sri Mulyani Blusukan ke Jalan TolMenkeu Sri Mulyani Blusukan ke Jalan Tol Foto: Muhammad Idris
Berada di tengah proyek jalan tol saat cuaca panas, membuat Sri Mulyani tak terhindar dari keringat yang bercucuran. Namun sepertinya letih itu juga sedikit berkurang, karena pemandangan yang indah di sekitar lokasi.

"Bagus banget, kalau lihat pemandangannya juga bagus banget. Kita berharap masyarakat untuk bisa melihat tidak hanya menikmati jalan tol tapi juga pemandangan," terangnya. (mkj/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed