Follow detikFinance
Selasa 21 Mar 2017, 07:04 WIB

Punya Harta Rp 1.100 Triliun, Ini Orang Terkaya Sejagat

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Punya Harta Rp 1.100 Triliun, Ini Orang Terkaya Sejagat Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pendiri Microsoft, Bill Gates, kembali jadi orang terkaya dunia. Sudah empat tahun berturut-turut Gates memegang posisi ini.

Seperti dikutip dari Majalah Forbes yang baru merilis Daftar Orang Terkaya Dunia 2017, Selasa (20/3/2017), pendiri yayasan Bill & Melinda Gates ini tercatat punya harta US$ 86 miliar atau sekitar Rp 1.103 triliun (kurs Rp 13.300 per dolar AS).

Punya Harta Rp 1.100 Triliun, Ini Orang Terkaya SejagatBill Gates - Foto: Reuters


Pada posisi terkaya dunia kedua ada pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dengan harta US$ 75,6 miliar (Rp 1.005 triliun). Warga Amerika Serikat (AS) mendominasi posisi 10 besar orang terkaya sejagat, rata-rata bergerak di industri teknologi.

Mereka antara lain pendiri Amazon, Jeff Bezos, di urutan ketiga. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan pendiri Oracle, Larry Ellison, di urutan kelima dan ketujuh.

Punya Harta Rp 1.100 Triliun, Ini Orang Terkaya SejagatWarren Buffett - Foto: Reuters


Dilansir dari AFP, Selasa (21/3/2017), jumlah miliuner dunia naik 13% dari posisi tahun lalu menjadi 2.043 orang. Ini merupakan lonjakan terbesar sejak daftar bergengsi ini diluncurkan 31 tahun yang lalu.

Negeri Paman Sam jadi negara dengan jumlah miliuner terbanyak, yaitu 565 orang. Harta mereka rata-rata naik tinggi setelah Donald Trump dilantik menjadi Presiden AS.

China jadi negara dengan jumlah miliuner terbanyak kedua di dunia dengan 319 orang, sementara Jerman berada di urutan ketiga dengan 114 orang.

Trump sendiri tidak lagi masuk urutan 220 besar, dan harus puas di posisi 544 dengan harta US$ 3,5 miliar. Menurut Forbes, kekayaan Trump merosot gara-gara harga properti di Manhattan.

"Sebanyak 40% kekayaan Trump berasal dari Trump Tower dan delapan building di radius 1,6 kilometer di sekitarnya. Akhir-akhir ini, daerah tersebut sedang bermasalah," kata Forbes dalam keterangannya.

Miliuner lain yang masuk posisi 10 besar antara lain Amancio Ortega si pemilik merek Zara dari Spanyol di posisi keempat, taipan telekomunikasi Meksiko Carlos Slim di urutan keenam, dua bersaudara Koch, Charles dan David di urutan kedelapan dan kesembilan, lalu ada mantan Wali Kota New York pendiri Bloomberg News, Michael Bloomberg di urutan kesepuluh.

Amancio Ortega-Pemilik ZaraAmancio Ortega si Pemilik Zara - Foto: AFP


Setidaknya butuh harta US$ 3,7 miliar (Rp 49 triliun) untuk bisa masuk daftar 500 orang terkaya dunia. Posisi terakhir di daftar bergengsi itu dipegang sutradara Hollywood, Steven Spielberg. (ang/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed