Follow detikFinance
Selasa 11 Apr 2017, 15:35 WIB

Ini Alasan Pemerintah Belum Buka Lowongan PNS

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Alasan Pemerintah Belum Buka Lowongan PNS Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Sampai saat ini, pemerintah masih belum membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Moratorium penerimaan CPNS masih dilakukan saat ini dan belum diketahui sampai kapan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur mengatakan, penerimaan PNS umum belum akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sedangkan untuk PNS tertentu seperti dokter dan profesi spesialis lainnya dibuka sesuai kebutuhan.

"Sementara kita masih moratorium yang umum. Tapi untuk formasi khusus kita buka, misalnya dokter spesialis," jelas Asman di Gedung BPK, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Dilakukannya moratorium terhadap penerimaan PNS saat ini dikarenakan masih besarnya beban belanja pemerintah dalam belanja pegawai. Bahkan Asman menyebutkan ada Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengalokasikan lebih dari 50% anggarannya untuk gaji PNS.

"Kita masih mengukur kemampuan pemerintah ya. Sekarang belanja pegawai masih banyak sekali kita coba evaluasi dulu, banyak juga daerah belanja pegawainya di atas 50%," ujar Asman.

Di sisi lain, penerimaan PNS dari sekolah kedinasan masih terus dilakukan. Beberapa sekolah kedinasan seperti Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, STIS, dan beberapa sekolah kedinasan lainnya masih terus menerima mahasiswa baru yang nantinya setelah lulus akan ditempatkan sesuai keahliannya.

"Kedinasan buka, tadi seperti STAN mengisi juga kementerian lembaga lain. Sehingga tamatan STAN tidak numpuk di Kementerian Keuangan," ujar Asman. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed