Follow detikFinance
Sabtu, 15 Apr 2017 09:38 WIB

Jokowi Resmikan Tol Akses Tanjung Priok Siang Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - Jalan tol akses Tanjung Priok yang telah rampung pengerjaannya hari ini, Sabtu (15/4/2017) bakal diresmikan. Peresmian akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada jam 14.00 WIB, didampingi oleh sejumlah menteri, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Setelah melalui uji beban hingga 44 ton, kini jalan tol yang dibangun dengan dana investasi mencapai Rp 5 triliun ini bakal segera dioperasikan pasca diresmikan oleh Presiden Jokowi siang nanti.

Seperti diketahui, tol akses Tanjung Priok merupakan salah satu ruas tol bagian dari sistem jaringan tol Jabodetabek dan terhubung ke tol lingkar luar Jakarta JORR 2. Dibangun sepanjang 11,4 km, tol ini menghubungkan lalulintas dari JORR ke Cawang, Pluit, dan juga langsung ke pelabuhan Tanjung Priok.

Pembangunan Tol Akses Tanjung Priok terbagi dalam 5 paket, yaitu Seksi East 1 (E1) dengan rute Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 km. Seksi East 2 (E2) dengan rute Cilincing-Jampea sepanjang 2,74 km.

Seksi East 2-A (E2A) dengan rute Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 km. Seksi North-South Link (NS Link) dengan rute Yos Sudarso-Simpang Jampea sepanjang 2,24 km.

Proyek yang telah dimulai sejak tahun 2008 silam ini sempat menemui beberapa hambatan, mulai dari pengadaan lahan hingga penggantian puluhan tiang penyangga jalan karena dianggap tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pemerintah. Pengerjaan penggantian puluhan tiang penyangga tersebut memakan waktu sekitar satu tahun lamanya.

Kontraktor pelaksana dari proyek ini terdiri dari Kerja Sama Operasi (KSO) Indonesia dan Jepang, di antaranya Obayashi Corporation, Kajima Corporation, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed