Follow detikFinance
Sabtu, 15 Apr 2017 12:36 WIB

Jalan Tol Akses Tanjung Priok Dikelola Hutama Karya, Konsesi 40 Tahun

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Jalan tol akses Tanjung Priok segera beroperasi, menyusul diresmikannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Sabtu (15/4/2017). Besok, jalan tol ini akan mulai beroperasi dan selama sebulan ke depan masih belum dikenakan biaya alias gratis.

Jalan tol ini sendiri akan diserahkan pengelolaannya kepada BUMN, PT Hutama Karya (HK) (Persero) dengan masa konsesi 40 tahun melalui Peraturan Presiden yang saat ini sedang disiapkan. Untuk itu sebelum keluarnya Perpres tersebut, maka pengoperasiannya terlebih dahulu diserahkan kepada PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) dan Citra Marga Nusantara Persada (CMNP) dan tidak dikenakan tarif.

"Pengelolaannya nanti, rencana akan ditugaskan ke Hutama Karya sebagai modalnya dia (HK) untuk bangun jalan tol di Sumatera. Tapi dalam proses sambil nunggu itu, nanti akan ditugaskan sementara JLJ dan CMNP biar enggak ada masalah, jadi awal operasi tidak ada tarif," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, ditemui di lokasi, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Sementara untuk tarif, nanti akan diumumkan melalui Keputusan Menteri PUPR yang bakal segera diterbitkan setelah keluarnya Perpres Penugasan kepada HK.

"Penugasan kan konsepnya seperti layaknya Sumatera, ditugaskan melalui Perpres, setelah itu tarif diatur dalam Kepmen PUPR yang akan mengaturnya," tutur dia.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok Dikelola Hutama Karya, Konsesi 40 TahunFoto: Eduardo Simorangkir

Adapun proyek pembangunan jalan tol Akses Tanjung Priok ini memakan biaya sebesar Rp 4,1 triliun, di antaranya untuk pembebasan lahan sebesar Rp 400 miliar. Dana investasi tersebut merupakan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Adapun kontraktor pelaksana dari proyek Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini terdiri dari Kerja Sama Operasi (KSO) Indonesia dan Jepang, diantaranya Obayashi Corporation, Kajima Corporation, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed