Follow detikFinance
Rabu 26 Apr 2017, 17:41 WIB

Banyak Pelabuhan RI Terbengkalai Karena Jauh dari Pasar

Muhammad Idris - detikFinance
Banyak Pelabuhan RI Terbengkalai Karena Jauh dari Pasar Banyak Pelabuhan RI Terbengkalai Karena Jauh dari Pasar (Foto: Pool/Bono)
Jakarta - Tidak optimalnya hasil perikanan di Indonesia, salah satunya terjadi karena banyaknya pelabuhan perikanan di Indonesia yang tidak beroperasi. Semuanya merupakan pelabuhan yang dibangun pemerintah daerah.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Wijaya, mengungkapkan pelabuhan yang terbengkalai tersebut rata-rata karena tidak digunakan oleh nelayan.

"Jadi pelabuhan itu tidak digunakan penyebabnya karena sepi atau tidak ada nelayan yang datang menggunakan pelabuhan itu," jelas Sjarief di kantor KKP, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Dari data Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan (PIPP) KKP, saat ini ada 220 pelabuhan milik Pemda kabupaten/kota yang statusnya belum operasional. Sementara untuk yang dibangun Pemda provinsi ada 6 yang statusnya belum operasional.

"Jadi penyebabnya kebanyakan ini karena lokasinya yang jauh dari tempat nelayan atau juga jauh dari pasar. Sehingga nelayan tidak menggunakan pelabuhan tersebut," ujar Sjarief.

Ditinggalkannya pelabuhan perikanan oleh nelayan, salah satu penyebabnya terjadi karena ada ketidakuratan selama perencanaan pembangunan dengan titik kumpul nelayan.

"Saya sampaikan kalau merancang sesuatu itu harus kenal betul dengan target nelayannya. Kadang diputuskan di sini, tapi setelah dikerjakan oleh Pemda rupanya enggak tepat dengan kebutuhan masyarakat, jadi situasinya seperti itu," ungkap Sjarief.

Dia mencontohkan, satu satu pelabuhan 'gagal' yang akhirnya terbengkalai dan tak digunakan nelayan yakni Pelabuhan Palipi di Sulawesi Barat. Kemudian Pelabuhan Borombong di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dan Pelabuhan Palipi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

"Ada beberapa pelabuhan contohnya Pelabuhan Palipi. Itu kalau dilihat kosong tidak ada nelayannya. Kemudian Pelabuhan Borombong," ungkap Sjarief.

Selain status belum beroperasi meski sudah dibangun lama, KKP juga mencatat pelabuhan ikan yang statusnya tidak operasional meliputi 220 pelabuhan yang dikelola Pemda kabupaten/kota, dan 3 pelabuhan yang statusnya dikelola Pemda provinsi. (idr/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed