Follow detikFinance
Rabu 03 May 2017, 13:51 WIB

Mentan Gandeng Polri Cek Harga Bawang Putih Naik Jelang Ramadan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mentan Gandeng Polri Cek Harga Bawang Putih Naik Jelang Ramadan Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Harga bawang putih mengalami kenaikan pada beberapa hari terakhir. Salah satu bumbu dapur ini harganya melonjak dari sebelumnya Rp 40.000-45.000/kg, menjadi kisaran Rp 60.000/kg.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengaku heran dengan kenaikan harga yang terjadi pada bawang putih. Pasalnya, sebagian besar bawang putih yang beredar dipasok dari impor.

"Harusnya tidak tinggi, itu kan impor. Logika yang biasanya tinggi yang tidak impor. Bawang merah justru turun," kata Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Baca juga: Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih Naik Jadi Rp 60 Ribu/kg

Menurutnya, harga normal untuk komoditas pangan tersebut berkisar Rp 25.000-Rp 30.000/kg. Amran mengatakan selama ini tidak ada aturan terkait larangan impor untuk bawang putih.

Bahkan, Amran curiga ada beberapa pihak yang mencoba untuk memainkan harga bumbu dapur itu.

"Kita lihat saja nanti, pengalaman kita cabai saja dikartel," kata Amran.

Lebih lanjut, dalam menindaklanjuti masalah itu, Amran mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

"Ini kita kerja sama dengan Kapolri, Satgas akan turun. Ini enggak masuk akal kalau naik, itu kan dominan impor. Intinya enggak ada alasan (harga naik), itu kita bebaskan mereka impor untuk bawang putih," tukasnya. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed